Mobil Tua Tenaga Kuda dengan Mesin V8

23 July 2021

Bagikan

WA
link

Mobil tua identik dengan mobil yang lamban, dan sering mogok. Namun berbeda jika nantinya mobil tua menggunakan mesin V8 yang terkenal dengan mesin tenaga besar yang biasanya digunakan untuk balapan.

Mesin V8 ini mesin yang menggunakan konfigurasi V dengan jumlah 8 silinder yang dipasang di bak mesin pada setiap 2 cabangnya masing-masing terdapat 4 silinder. Sama seperti mesin lainya, kedelapan pistonnya menjalankan crankshaft biasa. Pada ke dua cabangnya dipasang dengan bentuk yang tersambung satu dengan yang lain tetapi ada beberapa yang dipasang dengan sudut lancip.

Sejarah Mesin V8

Mesin intake V8. (Kuno ID)

Mesin V ini dibuat pertama kali oleh Gottlieb Daimler pada tahun 1889. Konfigurasi mesin V mengalami perkembangan cukup pesat dari hanya V-twin, kemudian mesin V4, V6, V8, dan yang terbaru ada mesin V12. Penamaan mesin V mengikuti jumlah silinder yang dipasang, memiliki tenaga lebih besar dibanding V6, dan lebih terjangkau dari mesin diatasnya seperti V8.

Mesin V8 dipatenkan oleh Leon Levavasseur pada tahun 1902. Kemudian pada tahun 1904 konfigurasi mesin V8 mulai dikenal dan populer di Perancis. Pada saat itu mesin V8 banyak digunakan pada mesin pesawat karena tenaganya yang besar. Sebenarnya, mesin tersebut pada masa itu juga digunakan pada mobil namun hanya beberapa saja, dengan tujuan untuk balapan.

Mesin V8. (Kuno ID)

Rolls-Royce ketika pertama kali membuat sebuah mobil bermesin V8 kemudian diberi nama Rolls-Royce V8, dengan kapasitas mesin 3535 cc dari tahun 1905 sampai 1906, tetapi hanya 3 mobil yang dibuat dan kemudian mereka mengubahnya menjadi 6 segaris. De Dion-Bouton juga memperkenalkan mobil bermesin V8 berkapasitas 7773 cc tahun 1910 dan memajangnya di New York tahun 1912. Mesin ini diproduksi dalam jumlah sedikit, tetapi telah menginspirasi pabrikan Amerika lainnya untuk mengikutinya.

Mobil massal pertama dengan mesin V8 di Amerika Serikat diperkenalkan oleh Cadillac (divisi General Motors) tahun 1914. Mereka berhasil menjual 13.000 unit mobil bermesin 5429 cc pada tahun pertama produksi. Oldsmobile, divisi lain General Motors, memiliki mesin V8 sendiri berkapasitas 4000 cc tahun 1916. Chevrolet juga memiliki mesin V8 sendiri tahun 1917, tetapi setelah bergabung ke General Motors tahun 1918 mereka berhenti membuat mesin V8 untuk berkonsentrasi ke mobil-mobil yang lebih kecil.

Keunggulan Mesin V8

Mesin V8. (Kuno ID)

Keunggulan mesin V8 ini memiliki power to weight ratio yang lebih baik dan reponsif serta efisien. Mesin yang terkenal karena tenaga besarnya ini yang sering digunakan untuk mobil balapan karena menghasilkan akselerasi yang bagus dan desain dari sistem pembuangan yang lebih efisien. Tidak hanya itu mesin V8 ini juga mudah dalam perawatan hingga performa juga stabil. Mesin V8 ini juga ringkas, meskipun silindernya cukup banyak, tapi dimensinya cukup kompak.

Mesin V8 ini memiliki piston yang banyak, bisa digunakan untuk silinder yang banyak dan mesinnya lebih pendek. Sedangkan torsinya berukuran besar, sedangkan crankshaftnya berukuran lebih kecil.

Suara deru mobil yang menggunakan mesin ini akan lebih mantap, seperti suara mobil balap. Meskipun suaranya keras, konfigurasi mesin V8 ini dikenal lebih balance, minim getaran, sehingga menghasilkan performa yang baik jika digunakan pada sebuah mobil, apalagi mobil klasik yang membutuhkan mesin dengan tenaga besar.

Kekurangan Mesin V8

Blok Silinder Mesin V8. (Kuno ID)

Meskipun mesin V8 ini memiliki banya keunggulan namun juga memiliki kekurangan. Untuk penanganan mesin V8 sendiri cukup rumit, sehingga membutuhkan mekanik yang ahli dalam bidang penanganan mesin ini. Biaya mesin V8 sendiri cukup mahal, karena memiliki tenaga yang besar.

Mesin V8 sendiri menawarkan tenaga dan performa cukup tinggi, hal tersebut dkarenakan mesin ini memiliki komponen yang lebih banyak, lebih berat bebannya, dan lebih kompleks. Tidak hanya biaya pembuatan mesin yang mahal, perawatan yang mahal, mesin ini juga membutuhkan bahan bakar yang lebih boros dari mesin lain.

Aplikasi Mesin V8 pada Mobil Tua

Mesin V8. (Kuno ID)

Mobil tua yang sudah direstorasi mulai dari eksterior hingga interiornya akan terlihat menarik kembali, apalagi ditambah dengan menggunakan mesin V8. Mesin V8 konfigurasi mesin yang paling umum digunakan pada mobil sport untuk balapan karena kapasitasnya yang 8.2 L atau lebih. Bagaimaa jadinya jika mesin ini digunakan pada mobil kuno yang sudah berusia puluhan tahun ? Pastinya mobil tua yang identik dengan mogok dan mobil lamban akan sirna ketika menggunakan mesin V8.

Mesin V8 yang terkenal dengan tenaga kudanya, jika diaplikasikan ke mobil klasik akan memberikan perubahan besar. Mobil klasik akan siap melaju dijalanan, tidak perlu ragu untuk bersaing dengan mobil modern. Dengan begitu akan menambah sempurna dari body mobil yang sudah direstorasi dengan baik.

Setujukan Kunoholics jika mobil klasik menggunakan mesin V8 dengan tenaga kuda, akan mengubah pemikiran tentang mobil klasik yang lamban tapi akan siap untuk kebut-kebutan di jalanan.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.