Magnesium Crankcase Baru, Hadir untuk Porsche 911 Klasik!

26 May 2023

Bagikan

WA
link
Sumber: Porsche AG.

Porsche 911 klasik selalu menjadi favorit para penggemar sport car, tetapi salah satu masalah yang sering dihadapi adalah korosi pada blok mesin. Untuk menjawab keluhan ini, Porsche membawa kabar baik bagi para restorer mobil klasik, khususnya pemilik 911 klasik. Kini mereka mengembangkan magnesium crankcase baru yang dibuat dengan teknologi modern. Berita ini cukup menghebohkan di kalangan petrolhead, terlebih fans Porsche.

Langsung aja kita simak lebih lanjut!

Baca juga: 5 Porsche Klasik Terbaik Sepanjang Masa | Best Picks

Magnesium Crankcase dari Porsche Classic

Sumber: Porsche AG.

Porsche Classic menerbitkan ulang magnesium crankcase 911 keluaran 1968 – 1976, seperti kendaraan seri F and G dengan mesin 2.000, 2.200, 2.400 and 2.700 cc, termasuk 911 Carrera RS yang melegenda. Part ini bisa dipesan di seluruh mitra Porsche di seluruh dunia.

Ulrike Lutz, Direktur Porsche Classic, berkata bahwa ada banyak sekali permintaan dari pelanggan agar perusahaan dapat membuat dan menjual komponen mesin asli untuk mobil klasik mereka. Dan saat ini, Porsche Classic juga sedang dalam tahapan untuk mengerjakan crankcase generasi 911 lainnya.

“Penerbitan ulang ini menutup celah lain dalam rangkaian suku cadang kami, sehingga memungkinkan pembuatan mesin yang benar-benar baru untuk sebagian besar model 911 klasik,” ujar Ulrike Lutz.

Crankcase atau yang lebih dikenal dengan bak engkol merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Komponen ini terletak di bawah blok silinder dan memiliki ukuran yang cukup besar. Makanya, harus dirancang dengan kuat, tapi tetap ringan. Nah, magnesium sendiri memang bahan yang ringan, namun logam tersebut tergolong cukup rapuh. Inilah hal yang menjadi perhatian penting dari Porsche Classic.

Produksi Modern dengan QC Ketat

Sumber: Porsche AG.

Dalam pembuatan crankcase 911, pakar Porsche melakukan wawancara kepada seluruh staff mereka, termasuk mantan staff Porsche. Hal ini dilakukan demi mendapatkan informasi serta detail lengkap dalam membuat desain yang lebih baik lagi.

Beruntungnya, ada teknologi 3D modern yang dapat membantu dalam produksi crankcase terbaru. Berdasarkan data CAD, crankcase dibuat dengan metode sand casting. Setelah itu, mereka akan memasukkannya ke mesin CNC yang dilengkapi dengan 50 alat pemotong, pengeboran, dan penggilingan untuk menyempurnakan bentuk produk. Quality Check menggunakan teknologi 3D probe juga tak dilewatkan demi menjaga kualitasnya.

Sumber: Porsche AG.

Setelah selesai, mereka memasangkannya ke model kendaraan yang paling bertenaga yaitu 911 Carrera RS 2.7 dan melakukan uji coba dengannya. Semua percobaan ini memakan waktu yang cukup lama, lebih dari seminggu! Tak sampai disitu saja, mesin masih akan melalui 2 kali tahap pengecekan ulang oleh pakar Porsche Classis bersama spesialis dari Weissach, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan oleh Porsche Development Centre.

Porsche Classic memang terkenal karena mereka masih menawarkan suku cadang bagi kendaraan lama. Unit Original Parts and Accessories akan memastikan bahwa Porsche Classic mampu memasok mobil klasik, lengkap dengan suku cadangnya. Dan kini, setidaknya sudah ada lebih dari 80.000 suku cadang asli yang tersedia di seluruh dunia.

Sejarah Singkat Porsche 911

“Spirit of Carrera RS” special exhibition, Porsche Museum (sumber: Porsche AG).

Porsche 911 adalah mobil sport legendaris yang diproduksi oleh perusahaan otomotif Jerman, Porsche AG. Mobil ini mulai masa produksinya pada tahun 1963 dan sejak itu telah menjadi salah satu sport car paling ikonik di dunia. Perancangnya adalah Ferdinand Alexander Porsche, cucu dari pendiri perusahaan Ferdinand Porsche. Awalnya, perusahaan memperkenalkan mobil ini dengan nama 901, dan bukan 911, lho!

Porsche 901 debut pada Frankfurt Motor Show tahun 1963 sebagai penerus 356. Kala itu, 901 disambut penuh antusias dan diterima dengan baik oleh publik, kecuali para eksekutif Peugeot. Peugeot merasa keberatan dengan penamaan 901, karena pabrikan asal Perancis tersebut sudah mematenkan numerik 3 digit dengan 0 sebagai angka tengahnya untuk nama model kendaraannya. Jadi, apa solusi Porsche? Mereka mengganti ‘0’ dengan angka ‘1’. Dan jadilah Porsche 911.

Banyaknya orang yang menggemari Porsche 911 membuatnya masih terus diproduksi hingga saat ini. Meski telah mengalami berbagai perubahan, namun desain khas dan performa mumpuni tetap menjadi ciri khas dari mobil klasik yang satu ini.

1973 911 Carrera RS 2.7

911 Carrera RS 2.7, 1973 (sumber: Porsche AG).

Salah satu modelnya yang paling diinginkan dan memiliki nilai fantastis, yaitu 911 Carrera RS 2.7 keluaran 1973. Kendaraan ini berbobot lebih ringan, lebih bertenaga dan lebih langka dibandingkan 911 lainnya pada masa itu.

Di bawah kap mobil terdapat mesin 2.687 cc inline-6, yang menghasilkan tenaga 212 hp dan torsi 254 Nm. Mesin liar ini dapat membawanya melaju dalam kecepatan 241 km/h. Tersedia tiga versi yang bisa dipilih, Sports trim, Race Trim dan Touring Trim, dengan total produksi 1,580 unit untuk seluruh versinya.

Kesimpulan

Bravo Porsche Classic! Sekarang pemilik 911 klasik bisa bernafas cukup lega karena Porsche telah menjual magnesium crankcase terbaru. Jadi, para restorer sudah tidak perlu membuang-buang waktu mencari dimana toko atau website yang menjual crankcase original, menunggunya hingga datang lalu memperbaikinya. Karena sekarang kalian bisa memesannya langsung ke Porsche. Bukan mesin bekas lagi, tapi mesin terbarunya!

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.