Desainer OTLW Pilih Aliran Restorasi Custom Mobil Klasik

20 September 2021

Bagikan

WA
link
Sumber gambar : Instagram @outlawcustom.id

Restorasi mobil klasik ternyata memiliki dua aliran berbeda, yaitu orisinil dan custom. Aliran orisinil berati mengembalikan mobil klasik ke bentuk awal sama dengan pada saat model mobil tersebut pertama kali dibuat. Sedangkan custom, adalah suatu aliran dimana mobil direstorasi dengan penambahan modifikasi pada bagian tertentu sehingga penampilannya akan berbeda dari model awal.

Aliran yang ditekuni oleh Outlaw Custom, yaitu restorasi custom. Tim Kuno ID juga membahas hal tersebut saat berkunjung ke Outlaw Custom Gallery yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur dan bertemu langsung dengan sang desainer. Banyak yang kami bahas, mulai dari cerita tentang pertama kali mendesain mobil klasik hingga seluk beluk desain restorasi mobil klasik pada aliran custom.

Koleksi Mobil Klasik di Outlaw Custom Gallery

Outlaw Custom Gallery yang berada di Sidoarjo. (Instagram : @outlawcustom.id)

Mobil klasik yang terkenal dengan tampilan kusam, ketinggalan zaman dan banyak karat akan memiliki kesan berbeda saat berada di Outlaw Custom Gallery. Penampilan mereka telah disulap dengan desain yang keren.

Hot Rod Custom 1932

Mobil Hot Rod Custom 1932. (Kuno ID)

Bagi Penggemar modifikasi mobil klasik pasti tidak asing lagi dengan istilah Hot Rod. Mobil yang dimodifikasi agar siap terjun di arena balap. Outlaw Custom telah sukses menghasilkan modern Hot Rod dengan tampilan yang begitu keren.

Mazda MX5 1990

Mazda MX5 1990. (Kuno ID)

Mobil dengan gaya sporty ini menjadi populer dan disukai banyak orang karena keindahan modelnya yang unik. Bahkan modelnya bisa diadu dengan model masa kini. Mazda MXS 1990 ini dirilis dengan desain yang menarik, gril yang ramping dan spoiler yang mempesona.

Purvis Eureka 1974-1990

Purvis Eureka 1974-1990. (Kuno ID)

Pecinta mobil langka pastinya tidak asing dengan mobil satu ini. Dengan tampilannya yang mewah dan modern, tak disangka jika mobil ini masih tergolong klasik karena diproduksi era tahun 1974 sampai 1990-an.

Holden Premier HQ Custom 1972

Holden Premier HQ Custom 1972 dengan air scoop. (Kuno ID)

Holden Premier HQ berhasil dimodifikasi oleh Outlaw Custom dengan tampilan yang mencolok berkat tambahan air scoop pada bagian kap mesinnya.

BMW 2002 Tahun 1970

BMW 2002 Tahun 1970 berwarna cerah. (Kuno ID)

Siapa yang tak mengenal merek BMW, bahkan hingga sekarang merek tersebut masih eksis dan aktif memproduksi mobil. BMW 2002 tahun 1970 berwarna oranye ini masih memiliki kesan klasik, dengan model body yang berukuran sedikit lebih besar menjadikannya berbeda dengan model BMW tahun 2000-an keatas.

Masih ada beberapa mobil klasik di galeri Outlaw Custom seperti Mazda RX7 1979 warna merah,dan Nissan Skyline GTR 1972, dengan hasil restorasi custom yang keren-keren. Semua itu tidak luput dari usaha desainer yang mumpuni dalam bidangnya.

Ngobrol Bersama Desainer Outlaw Custom

Desainer OTLW menunjukkan rancangam mobil. (Kuno ID)

Sebelum menjalani proses restorasi, sebuah mobil pastinya akan didesain terlebih dahulu untuk mengetahui gambaran hasil akhir modifikasi, dan mempermudah pengerjaan. Tidak ketinggalan, tim Kuno ID membahas hal ini dengan desainer Outlaw Custom langsung yaitu Mikael. Dengan kemampuannya dalam bidang desain yang tidak diragukan lagi, desainer lulusan Italia ini bahkan pernah mendesain Maserati, mobil luxury buatan Italia.

Gambaran atau desain mobil. (Kuno ID)

Banyak cerita dan pengalaman menarik dari Mikael ketika menjadi desainer mobil klasik, salah satunya mendapatkan sebuah mobil klasik sebagai bayaran atas jasa desainnya, namun kondisi mobil tersebut tidak karuan sehingga harus melakukan restorasi.

Tantangan yang Dihadapi Desainer Mobil Klasik

Mikael menunjukkan desain mobil yang terbuat dari clay. (Kuno ID)

Tidak semudah kelihatannya, mendesain mobil juga memiliki tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Mulai dari ketika, banyak klien yang mencari inspirasi dari internet, sehingga mereka meminta untuk dibuatkan desain yang sama persis dengan contoh yang ada di internet.

Padahal banyak ide-ide baru yang lebih menarik dan orisinil dari seorang desainer. Desainer akan menciptakan sebuah desain yang menggabungkan antara keinginan klien dan model yang sesuai dengan mobil klasik yang akan direstorasi. Mulai dari ukuran, model, dan detail lainnya akan dipertimbangkan secara presisi dan maksimal.

Tantangan selanjutnya yang sering dihadapi, adalah tak sedikit orang yang langsung melakukan restorasi tanpa membuat desainnya terlebih dahulu. Hal tersebut akan memperlambat proses restorasi, dan sulit untuk mengetahui gambaran hasil akhir restorasinya nanti.

Desain mobil yang terbuat dari clay. (Kuno ID)

Sebelum melakukan restorasi custom mobil klasik, sebaiknya mulai dari menentukan konsep terlebih dahulu karena banyak style modifikasi dari mobil klasik itu sendiri, kemudian buat desain dengan meminta bantuan dari seorang desainer karena hasil modifikasinya nanti akan berbeda dari mobil lainnya, setelah itu bawa hasil desain yang sudah jadi ke bengkel untuk memulai proses restorasi custom mobil klasik.

Bicara soal merek mobil, Mikael menetapkan Ferrari sebagai merek favoritnya, hal ini juga bisa menjadi tantangan besar bagi seorang desainer. Hal ini disebabkan, karena tampilan dari Ferrari yang pada dasarnya memang sudah memiliki model yang keren tetapi harus dibuat lebih keren lagi.

Banyak cerita, dan pesan seputar desain custom mobil klasik. Tonton videonya sampai selesai ya Kunoholics, tentunya di channel Youtube Kuno ID "Mobil Kuno Tapi Custom Karya Anak Bangsa Lulusan Desain dari Italia, Perancang Maserati".

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.