Apa Itu Istilah 'Dog House' pada Mobil Van?

12 February 2022

Bagikan

WA
link

Dog house, mungkin istilah otomotif yang satu ini masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan bagi para petrolhead di luar sana, ternyata tidak banyak juga yang tahu mengenai apa itu dog house lho!

Bagi yang penasaran, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Dog House ?

Dog house disini bukan berarti rumah anjing seperti arti bahasa Indonesianya, ya Kunoholics, melainkan mengacu pada salah satu penutup mesin yang terdapat di sebuah van.

Dog house biasanya ada pada hampir semua jenis kendaraan, mulai dari roket, pesawat, kapal, kereta api, hingga truk dan van. Namun, di artikel ini, kami hanya akan membahas penggunaan dog house pada mobil van saja, ya.

Dalam mobil van, penutup mesin atau dog house ini berada di dalam kompartemen pengemudi depan, di antara kaki pengemudi dan penumpang. Cover atau penutup mesin ini memang secara visual bisa dikatakan hampir mirip dengan rumah anjing - itulah sebabnya orang-orang memberinya julukan dog house.

Mobil Van yang Memiliki Dog House

Jaman dulu, tak jarang mobil van Amerika mengusung mesin muscle car. Pabrikan mobil seperti Ford, GMC, Dodge, dan Chevrolet mengadopsi mesin big block mereka untuk membuat van komersial yang bertenaga.

Tapi konfigurasi mesin besar ini memiliki tantangan sendiri pada mobil van. Van cenderung memiliki ruang mesin yang sempit karena bentuk wajahnya yang hampir rata dengan kaca depan. Jadi, secara terpaksa mesin besar ini memakan sedikit ruang interior, dan menyebabkan setengah bagian mesin harus diakses dari luar mobil (kap mesin luar), dan setengahnya lagi dari dalam (dog house).

Sebenarnya, konfigurasi mesin seperti ini bukanlah favorit semua orang. Tak hanya suara mesin yang berisik lebih mudah masuk ke dalam kabin, dog house juga memberi celah untuk udara panas/dingin dari luar menyentor ke kaki. Juga, karena akses mesin yang rumit dan terbatas, perbaikan mesin menjadi hal yang tidak mudah.

Meski begitu, dog house cukup populer, terutama di era 1960-an. Bahkan, ada beberapa van yang hingga saat ini belum bisa move on dari konfigurasi mesin ini.

Jadi penasaran kan mobil apa saja yang punya ‘kandang anjing’ ini? Berikut adalah beberapa dari mereka.

Ford Econoline (1960-sekarang)

Ford Econoline generasi pertama tahun 1963.

Ford Econoline atau Ford E-Series adalah seri mobil van berukuran penuh yang diperkenalkan oleh Ford pada tahun 1961, menggantikan Ford F-Series panel van. Diproduksi dalam berbagai varian desain, Econoline dikembangkan ke dalam empat generasi dan dipergunakan sebagai pickup, van komersial, maupun kargo penumpang.

Pada generasi pertamanya (1960-1967), Econoline tersedia dalam tiga gaya bodi utama yaitu van kargo, van penumpang, dan truk pickup. Generasi ini memiliki pilihan mesin inline-6 dengan kapasitas 2.400 cc sampai 3.900 cc.

Dashboard Ford Econoline tahun 1984.

Hingga pada generasi terakhirnya yang diproduksi 1991 mengalami peningkatan dalam aspek mesin, dengan pilihan unit inline-6 4.900 cc, V6 4.200 cc, V8 4.900 cc – 7.500 cc, dan mesin tertingginya dengan 6.800 cc V10 - pantas saja ya harus memakai konfigurasi dog house.

Ford Econoline menjadi salah satu van terlaris di Amerika Serikat dengan total penjualannya dari awal peluncuran hingga tahun 2019 saja sudah mencapai angka 3.005.718 unit, menandakan 80 persen pangsa pasar pada waktu itu dikuasai oleh Ford.

Dodge Ram Van (1971-2003)

Dodge Ram Van generasi kedua tahun 1990.

Dodge Ram Van adalah salah satu van yang memiliki setup mesin dog house. Awalnya, seri van ini dinamai dengan B-Series, tapi di tahun 1979, van ini lebih dikenal sebagai Ram Van.

Ram Van dipasarkan dengan merek Dodge oleh Chrysler Corporation (1971-1998) dan kemudian beralih ke Daimler Chrysler (1998-2003). Ram Van merupakan van kargo, yang juga tersedia dalam versi van penumpang yang dikenal sebagai Dodge Ram Wagon.

Ada tiga generasi yang dibuat selama masa produksinya, 1st Gen (1971-1978), 2nd Gen (1979-1993), dan 3rd Gen (1994-2003) yang masing-masing generasinya mengalami peningkatan dalam segi desain maupun mesin.

Dashboard Dodge Ram Van tahun 1988.

Berbagai macam mesin V8 serta satu pilihan inline-6 tersedia di Dodge Ram Van, yang diproduksi hingga tahun 2003. Mesin tersebut memiliki pilihan kapasitas dari yang terkecil 3.700 cc bertenaga 110 hp hingga kapasitas terbesarnya 7.200 cc yang bertenaga 195 hp.

Produksi Ram Van berakhir di tahun 2003 yang kemudian digantikan oleh Dodge Sprinter (yang sudah tidak lagi memiliki dog house).

GMC Safari (1985-2005)

GMC Safari generasi kedua tahun 1996.

GMC Safari merupakan kembaran dari Chevrolet Astro, keduanya sama-sama diperkenalkan di tahun 1985. Van dengan panjang 4.9 meter ini memiliki fitur pintu geser pada sisi penumpang, namun tidak pada pintu pengemudi.

Dashboard GMC Safari tahun 2005.

Minivan ini memiliki dua generasi yang diproduksi. Generasi pertamanya memiliki pilihan mesin 2.500 cc inline-6 bertenaga 98 hp dan 4.300 cc V6 dengan tenaga mencapai 200 hp. Sedangkan generasi keduanya hanya menawarkan mesin V6-nya saja.

Mesin-mesin yang diusung GMC Safari memang terkenal kecil di kelasnya, maka dari itu ia merupakan van komersial yang irit bahan bakar. Tak jarang van ini digunakan sebagai mobil keluarga atau mobil perusahaan logistik untuk mengantar paket.

Chevrolet Express (1995-sekarang)

Chevrolet Express generasi pertama tahun 1995.

Chevrolet Express (juga dikenal sebagai GMC Savana) merupakan full-size van yang diproduksi oleh General Motors sebagai penerus dari Chevrolet Van. Van ini dipasarkan terutama di Amerika Utara, dan bersaing dengan Ford E-Series, Mercedes-Benz/Freightliner Sprinter, dan Ram ProMaster.

Dashboard Chevrolet Express tahun 2005.

Chevy Express diproduksi ke dalam dua generasi dan memiliki banyak pilihan mesin yang ditawarkan oleh GM. Mesin terkecil Chevrolet Express adalah 4.300 cc V6 dengan tenaga 203 hp, dan berbagai varian ditawarkan hingga mesin tertingginya 7.400 cc V8 bertenaga 294 hp. Hebatnya, generasi kedua dari Chevrolet Express sudah hadir sejak tahun 2003 dan masih diproduksi sampai sekarang.

Chevrolet Express ini tidak hanya digunakan sebagai van penumpang saja, tapi juga populer sebagai kendaraan derek, ambulan, dan bus sekolah. Bahkan, ia juga sering digunakan oleh perusahaan pertukangan listrik dan ledeng sebagai mobil operasional.

Kesimpulan

Nah, itulah asal usul dan beberapa kumpulan mobil yang mengadopsi konfigurasi mesin dog house. Meskipun setup mesin seperti ini sudah tidak sepopuler dulu, namun hal ini lah yang membolehkan van-van Amerika tersebut memiliki mesin muscle car yang sangat bertenaga.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.