Henry Ford - Pencipta Mobil 'Rakyat' Pertama di Dunia

07 July 2022

Bagikan

WA
link
Henry Ford (sumber: Ford).

Henry Ford merupakan salah satu industrialis dan penemu asal Amerika yang mencetak sejarah baru di dunia otomotif. Berkat penemuannya serta pandangannya akan masa depan, Henry Ford mampu merevolusi industri transportasi sehingga memungkinkan masyarakat untuk membeli mobil pertama mereka.

Namun, dibalik kesuksesan luar biasa yang telah diraihnya, ada perjalanan panjang yang tentunya tidak mudah untuk dilalui. Berbagai percobaan gagal dan masalah lainnya tidak menjadikan Henry Ford untuk menyerah akan mimpinya.

Kekaguman kami pada Henry Ford seakan menggerakkan hati kami untuk mengulas mengenai sepak terjang hidupnya dari awal hingga puncak kesuksesannya. Bagi Kunoholics yang penasaran, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga: Ferdinand Porsche - Sosok yang Bertanggung Jawab di Balik Volkswagen Beetle

Siapa Itu Henry Ford?

Henry Ford (sumber: Ford).

Henry Ford merupakan pendiri dari perusahaan otomotif asal Amerika, Ford Motor Company, yang sudah ada sejak tahun 1903 silam. Saat ini Ford menjadi salah satu produsen mobil terbesar di dunia dengan beragam model yang telah mereka ciptakan.

Memiliki passion di bidang mekanik sejak kecil, membuatnya terus mengembangkan minatnya tersebut ke level yang lebih tinggi. Berkat keuletan serta kerja kerasnya, beliau mampu menjual jutaan mobil dan menjadi salah satu pengusaha terkemuka di dunia. Beliau bahkan turut serta dalam membantu membangun perekonomian Amerika selama bertahun-tahun.

Kisah Hidup Henry Ford

Kediaman Asli Henry Ford tahun 1880 (sumber: Ford).

Henry Ford lahir pada 30 Juli 1863 di Wayne Country, Dearborn, Michigan. Dia adalah anak sulung dari enam bersaudara. Ayahnya merupakan seorang penduduk Irlandia asli yang kemudian pindah ke Amerika dan membuka sebuah ladang pertanian yang cukup sukses.

Sejak kecil Ford sudah memiliki ketertarikan pada bidang mekanik. Ketika berusia 12 tahun, beliau sudah banyak menghabiskan waktunya untuk mengutak-atik beberapa macam mesin, salah satunya adalah mesin pada arloji miliknya. Sayangnya minat tersebut ditentang oleh ayahnya yang menginginkan Ford untuk meneruskan profesinya menjadi seorang petani.

Tidak puas dengan pertanian, Ford kemudian meninggalkan kota kelahirannya pada usia 16 tahun untuk magang sebagai masinis di sebuah perusahaan pembuatan kapal di Detroit. Setelah 9 bulan berlalu, Ford meninggalkan pekerjaannya tersebut dan pindah ke Detroit Dry Dock Company sebagai pelopor kapal besi dan baja Bessemer. Karena pekerjaan barunya ini tidak cukup untuk menutupi kebutuhan hidupnya, beliau menambah pekerjaan lain di sebuah toko perhiasan pada malam hari untuk membersihkan dan memperbaiki jam tangan.

Pada tahun 1882, Ford kembali ke pertanian, dimana ia mengoperasikan mesin pertanian Westinghouse milik tetangganya dan meneruskan usaha pertanian ayahnya. Ford menikah dengan Clara Jane Bryant pada April 1888. Mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Edsel Bryant Ford yang lahir pada tahun 1893.

Karir

Henry Ford dengan Quadricycle 1896 dan kendaraan Ford ke-10 juta (sumber: Ford)

Meski Ford bekerja di pertanian, namun di dalam lubuk hatinya selalu ada perasaan mengganjal yang ingin terus berjuang untuk mewujudkan keinginannya. Berbekal ilmu yang dimiliki, ia yakin dapat menciptakan kereta tanpa kuda.

Jadi pada 1891, Ford mengambil pekerjaan di Edison Illuminating Company yang berlokasi di Detroit. Hanya dalam waktu 2 tahun (1893), karirnya melesat dan dipromosikan sebagai chief engineer di perusahaan tersebut.

Henry Ford dan Henry Ford II dengan Quadricycle tahun 1946 (sumber: Ford).

Di tahun 1896, Ford berhasil membangun kereta tanpa kuda pertamanya dan diberi nama “Quadricycle”, yang terdiri dari kerangka logam ringan dilengkapi dengan empat roda dan ditenagai oleh mesin bensin dua silinder yang menghasilkan tenaga 4 hp. Kereta ini dijualnya untuk mendanai proyek selanjutnya — gerobak pengiriman.

Ford mengajukan paten untuk karburator pada 1897, dan di tahun 1899 Detroit Automobile Company dibentuk dan Ford keluar dari pekerjaannya di Edison Illuminating Company. Pada tahun 1900, Detroit Automobile Company merilis kereta pengiriman yang dirancang oleh Henry Ford. Setelah beberapa percobaan dalam membangun kendaraan, Ford mendirikan Ford Motor Company pada tahun 1903.

Ford Motor Company

Henry Ford II tahun 1964 (sumber: Ford).

Ford Motor Company didirikan oleh Henry Ford pada tahun 1903 bersama 11 rekan bisnisnya. Berkat kerja keras dan inovasi yang dilakukannya, perusahaan yang bermula dari bisnis berskala kecil ini sekarang tumbuh menjadi salah satu raksasa produsen mobil dunia.

Jalur Perakitan Terintegrasi tahun 1913 (sumber: Ford).

Jika membicarakan tentang kesuksesan Ford, kita sama sekali tidak boleh melupakan tentang inovasi Ford dalam memproduksi mobil massal pertama. Dengan gebrakan “moving assembly line”, metode ini memungkinkan setiap pekerja berada di satu posisi dan melakukan perakitan yang sama berulang kali terhadap komponen kendaraan yang dikerjakannya.

Henry Ford memiliki pemikiran bahwa masa depan perusahaan terletak pada produksi kendaraan yang lebih terjangkau bagi masyarakat luas, hal ini dapat tercapai dengan menerapkan prinsip produksi massal yang dikembangkan Henry Ford. Produksi mobil pertama mereka adalah Model T. Nah, dengan menerapkan prinsip produksi massal Ford ke proses produksi, memungkinkan Ford Motor Company menghasilkan satu Model T setiap 24 detik!

Model T

Model T tahun 1908 (sumber: Ford).

Sebelum terciptanya Model T, produsen mobil biasanya memerlukan biaya yang besar untuk merakit sebuah mobil, makanya hanya orang-orang yang mampu saja yang bisa membeli mobil pada saat itu.

Namun, berkat metode perakitan yang dirancang oleh Henry Ford, Model T dianggap sebagai mobil rakyat pertama di dunia, karena harganya yang terjangkau bagi masyarakat kelas menengah.

Henry Ford dengan Model T Transcontinental Race Team tahun 1909 (sumber: Ford).

Model T pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1908 dan masa produksinya berlangsung sampai tahun 1927. Selain faktor harga yang terjangkau, mobil ini juga terkenal karena mudah dikendarai dan diperbaiki, serta daya tahannya yang kuat menjadikannya sebagai salah satu mobil tersukses kala itu.

Untuk mesinnya, mobil ini dilengkapi dengan 2.900 cc 4 silinder yang bisa menghasilkan tenaga 20 hp. Dengan mesin tersebut, Model T memiliki kecepatan tertinggi mencapai 68 km/h. Kecepatan tersebut sudah cukup memuaskan bagi kendaraan keluaran 1900-an.

Pada tahun 1927, Ford bersama putranya Edsel memperkenalkan mobil sukses lainnya yang menggantikan Model T, yaitu Model A.

Kesimpulan

Henry Ford adalah tokoh revolusi industri otomotif asal Amerika yang mendirikan Ford Motor Company, serta seseorang yang berhasil mengembangkan teknik perakitan massal. Teknik tersebut dapat menekan biaya produksi sehingga harga jual mobil tidaklah terlalu mahal.

Berkat kegigihan dan keuletannya, beliau menjadi salah satu tokoh penting dan paling dikenal bahkan hingga saat ini. Darinya kita dapat belajar untuk tidak menyerah dalam mengejar impian. Sungguh besar jasamu ya, Tuan Ford.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.