Nostalgia Kemewahan Mobil Klasik

04 January 2021

Bagikan

WA
link

Berbeda dengan mobil tua biasa, mobil klasik memiliki pembeda jelas yang membuatnya lain dari sekedar mobil tua. Sebuah mobil dapat dikategorikan sebagai mobil klasik jika mobil tersebut diproduksi maksimal pada tahun 1970-an atau sebelumnya.

Pecinta otomotif sejati pasti tahu, bahwa mobil klasik bahkan memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dari mobil modern. Apalagi, tak banyak dari mobil-mobil klasik ini yang dirawat dengan baik agar dapat melewati jaman dengan tetap mempertahankan keindahan fisik dan performa mesinnya.

Desain mobil klasik pun juga memiliki nilai seni tersendiri. Lekukan khas era lampau membawa nostalgia, kenangan, dan sejarah yang tak bisa diberikan oleh mobil modern. Tak mengherankan jika mobil klasik juga menjadi incaran fotografer untuk dijadikan objek favorit.

Tak Mudah Ditemukan

Mobil klasik berada dilokasi tertentu. (otoblitz.net)

Selain itu, jumlah mobil klasik juga terbatas, bahkan, pada saat mobil pertama tersebut diproduksi. Beberapa mobil klasik hanya tersedia sebanyak hitungan jari di seluruh dunia. Bahkan, ada mobil klasik yang tak tersedia di Indonesia. Dari unsur kelangkaan ini, harga mobil klasik menjadi berlipat ganda.

Sangat jarang ditemui mobil klasik dengan kondisi layak jalan. Bahkan, rata-rata orang menjual mobil klasik hanya berbetuk body, yang bahkan mungkin dalam kondisi rusak berat akibat korosi. Kondisi mesin juga hampir selalu dapat dipastikan dalam keadaan rusak. Oleh sebab itu, Kuno ID menyarankan bagi para pemilik mobil klasik untuk melakukan restorasi pada mobil klasiknya agar dapat berfungsi dengan baik dan menambah nilai jual yang cukup tinggi.

Mobil Klasik Favorit Sepanjang Masa

Mobil klasik memiliki penggemarnya masing-masing. (Kuno ID)

Dari penampilan luarnya, Anda sudah dapat melihat perbedaan jelas antara mobil klasik dengan mobil masa kini. Desain mobil klasik akan terkesan lebih vintage dan mewah. Sejarah mobil-mobil ini juga menarik untuk diikuti.

Untuk mengenal lebih jauh tentang mobil klasik, mari kita bahas beberapa mobil yang masuk kategori mobil klasik :

Chrysler Imperial Ghia

Mobil Chrysler Imperial Ghia berwarna hitam solid. (classic.com)

Mobil Chrysler Imperial Ghia model Limousine hanya ada 6 unit di Indonesia. Saat ini, mobil yang diproduksi tahun 1950- an ini berharga lebih dari 7 milyar rupiah. Karena keistimewaannya, mobil ini dipilih oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, sebagai kendaraan kesukaannya.

Jeep Willys

Mobil Jeep Willys yang digunakan pada Perang Dunia II.(GridOto.com)

Nilai sejarah mobil klasik yang satu ini tidak diragukan lagi. Pasalnya, Jeep Willys digunakan baik dalam Perang Dunia II. Karena itu, mobil ini merupakan kebanggan para kolektor yang menyukai mobil klasik sekaligus penggemar dunia militer dan sejarah.

Sebagai salah satu mobil tempur, kemampuan jelajah mobil ini tentu sudah tidak perlu dipertanyakan. Dari body luar, dapat diketahui bahwa mobil ini dirancang untuk melalui medan yang sulit dan terjal.

Hingga kini, mobil ini masih menjadi incaran banyak kolektor mobil klasik karena keunikan dan sejarahnya. Tentu saja, mobil ini sering tampil di dalam berbagai film tentang Perang Dunia II.

1969 Chevrolet Camaro ZL 1

Chevrolet Camaro tahun 1969. (barret-jackson.com)

Dari penampilannya dan desainnya, kesan 'American Muscle' begitu terasa dari mobil Camaro ZL 1. Mobil klasik satu ini merupakan generasi pertama Camaro. Chevrolet hanya memproduksi mobil Camaro jenis sebanyak 69 buah saja.

Camaro ZL 1 juga merupakan mobil balap pertama yang diproduksi Chevrolet atas prakarsa Vince Piggins.

Aston Martin DBR1

Aston Martin yang sering digunakan untuk balapan. (www.motor1.com)

Mobil balap yang diproduksi oleh Aston Martin pada tahun 1956 ini dimaksudkan untuk diikutkan dalam World Sportscar Championship. Mobil ini juga memenangkan 24 Hours of Le Mans.

Mobil ini mengadaptasi model DB3, hanya desainnya dibuat lebih ceper. Bentuk ceper memang tidak sesuai dengan aturan untuk mobil yang digunakan di jalan raya. Memang mobil klasik ini dimaksudkan sepenuhnya untuk mobil balap, dan tidak digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

Jaguar D-Type

(otomotif.okezone.com)

Satu lagi contoh mobil balap klasik, yakni Jaguar D-Type. Mobil ini juga ikut berpartisipasi dalam 24 Hours Le Mans.

Mobil dari Britania Raya ini menggunakan mesin XK yang dimodifikasi di bagian depan. Terlihat mewah untuk sebuah mobil balap, mobil klasik ini merupakan mobil produksi Jaguar pertama yang menggunakan desain asimetris, atau yang juga disebut sebagai '35/40 Head'.

Tantangan Dalam Restorasi mobil Klasik

Tantangan dalam restorasi yaitu mobil yang banyak kerusakan.(Kuno ID)

Dari berbagai contoh mobil klasik di atas, terlihat batas jelas antara mobil bekas atau retro biasa dengan mobil klasik dan mengapa banyak kolektor yang bersedia merogoh kocek dalam-dalam demi membeli dan merestorasi mobil-mobil klasik ini.

Tentu saja tak mudah menjaga penampilan dan performa mobil dalam kurun waktu puluhan tahun. Karena itu, banyak upaya, waktu, tenaga, dan biaya yang akan diperlukan para pecinta mobil klasik untuk dapat menghidupkan kembali kemewahan masa lalu di dalam mobil klasiknya.

Harus diakui, bukan hal mudah untuk melakukan restorasi mobil klasik. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pecinta mobil klasik untuk mengembalikan kejayaan mobil klasik kesayangannya.

Tantangan pertama yang dihadapi adalah keterbatasan bengkel yang mampu untuk melakukan restorasi mobil klasik. Tidak seperti mobil biasa, restorasi mobil klasik membutuhkan montir dengan skill tertentu dan peralatan khusus. Tidak banyak montir yang bisa meng-handle restorasi mobil klasik.

Proses restorasi mobil klasik pun dapat memakan waktu 6 hingga 12 bulan, bahkan lebih, tergantung dari seberapa banyak bagian yang perlu dibentuk ulang atau diganti. Sehingga, sebelum pemilik mobil dapat menggunakan mobilnya, ia mungkin harus bersabar sementara hingga proses restorasi selesai.

Tantangan berikutnya adalah menemukan suku cadang yang dibutuhkan karena jumlahnya terbatas. Keterbatasan ini berimbas pada tingginya harga dan tingkat kesulitan yang tinggi dalam menemukan suku cadang yang dibutuhkan.

Seringkali, suku cadang yang digunakan harus dibuat sendiri atau menggunakan suku cadang mobil lain. Tantangan-tantangan di atas tidak membuat pecinta mobil klasik sejati mundur. Namun, justru hal inilah yang menambah nilai keunikan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik mobil klasik. Tak heran harga mobil klasik terbilang sangat tinggi.

Kuno ID, Wadah Pecinta Mobil Klasik

Kuno ID platform mobil klasik. (Kuno ID)

Kami mengerti, sebagai pecinta mobil klasik, Anda tidak akan menyerah dengan tantangan-tantangan tersebut. Karena itu, kami hadir sebagai wadah untuk membantu Anda dan pecinta mobil klasik lainnya mewujudkan impian, yakni agar mobil klasik kesayangan kembali berjaya seperti di masa lalu.

Kuno ID merupakan platform online bagi pecinta mobil klasik untuk bertukar pikiran, memberi dan mendapat masukan, dan jual beli seputar mobil klasik. Dengan bergabung di Kuno ID, Anda akan menemukan tempat dimana akses fasilitas dan dukungan untuk menunjang hobi mobil klasik jadi lebih mudah didapatkan.

Jangan lupa kunjungi website kami, untuk informasi seputar mobil klasik dan bergabung dengan para pecinta mobil klasik lainnya. Ikuti juga Instagram kami @kuno.co.id agar tak ketinggalan info terbaru seputar mobil klasik dan beragam info menarik lainnya. Sedangkan untuk video restorasi, edukasi, dan seputar mobil klasik dapat dilihat di channel Youtube Kuno ID.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.