Volkswagen Golf GTI Mk1 (1974-1983) | Explained

05 May 2022

Bagikan

WA
link

Bagi banyak orang, tentunya Volkswagen Golf Mk1 hanyalah mobil keluarga kecil yang sederhana. Namun sedikit berbeda dari varian standarnya, VW Golf GTI Mk1 merupakan sebuah ikon hot hatchback yang sangat populer.

Kendaraan produksi VW yang satu ini mempelopori popularitas dari hot hatchback - segmen mobil hatchback yang berperforma tinggi. Bahkan, banyak jurnalis otomotif yang menjulukinya sebagai "spiritual father of hot hatchery" atau "ayah dari segala hot hatchback yang pernah ada".

Berbagai sejarah menarik dibalik perancangan kendaraan yang fenomenal ini akan kami bahas secara mendetail pada serial Explained kali ini.

Let's go!

Baca juga: Volkswagen Beetle (1938-2003) | Explained

Sejarah

Di tahun 1974, beberapa anggota Volkswagen, termasuk Anton Konrad (kepala pers VW) dan Alfons Lowenverg (Teknisi VW), menyusun rencana secara rahasia untuk mengembangkan versi Golf yang lebih sporty.

Mereka berbagi visi mengenai perancangan model Golf yang lebih sporty dan lebih menyenangkan untuk dikendarai. Tetapi, semua itu harus terjadi dengan tetap mempertahankan kualitas sejatinya Golf, yaitu kenyamanan dan tampilan yang disukai oleh banyak orang. Meski hal ini belum menjadi proyek resmi, namun perancangan dari Golf yang sporty tersebut terus dilanjutkan.

Setelah melalui berbagai uji coba dan penolakan, hingga akhirnya di awal tahun 1975, versi prototipenya muncul dan menghasilkan tenaga sebesar 98 hp. Alhasil proyek ini mendapatkan lampu hijau dari Toni Schmucker (Ketua Dewan Manajemen VW) dan secara resmi menjadi proyek pengembangan berkode "EA195".

Selang beberapa waktu, kendaraan ini mulai diperkenalkan ke publik pada International Motor Show (IAA) 1975 di Frankfurt. EA195 yang dirancang VW kemudian diberi nama GTI (Grand Tourer Injection) setelah melalui berbagai pertimbangan. Golf GTI yang menerima banyak antusiasme ini kemudian diluncurkan di tahun berikutnya.

Jalan produksi VW Golf GTI Mk1 di Wolfsburg, Jerman.

Golf GTI mulai dijual di pasar pada tahun 1976 dan mendapatkan tanggapan yang positif dari berbagai media, meraih kesuksesannya secara global. Rencana awal dari pihak VW hanyalah memproduksi kendaraan ini sebanyak 5.000 unit saja untuk menutup biaya pengembangan dan produksi.

Namun, popularitas Golf GTI ternyata tidak main-main. Banyak sekali permintaan pembelian yang masuk ke VW sehingga membuat pabrikan asal Jerman ini cukup kewalahan. Pada akhirnya VW menambah jumlah unit produksi mereka hingga menyentuh angka 461.690 unit. Banyaknya minat publik pada VW Golf GTI membuatnya menjadi sports car kompak yang paling sukses di dunia.

Mesin

Unit 1.500 cc inline-4 VW Golf GTI Mk1.

Golf GTI Mk1 merupakan hot-hatch buatan VW yang dibekali dengan mesin 1.588 cc 4-silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 hp dan torsi 140 Nm, yang kemudian dikawinkan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Dengan bobotnya yang hanya 810 kg saja, Golf GTI Mk1 dapat melesat 0-100 km/h hanya dalam waktu 9,2 detik saja. Kecepatan tertinggi yang mampu diraih olehnya mencapai 182 km/h - angka yang fenomenal untuk hatchback keluarga kecil dari tahun 1970-an.

Dengan mesin bawaan yang luar biasa, GTI Mk1 memang sangat memuaskan untuk kendaraan di masa itu. Sungguh, mobil ini merupakan jawaban atas mimpi para petrolhead yang menginginkan sports car praktis dengan harga yang terjangkau.

Eksterior

Eksterior VW Golf GTI Mk1.

Dari segi tampilan, Golf GTI Mk1 tersedia dalam konfigurasi tiga pintu saja, membuatnya terlihat kompak dan menyenangkan. Tidak banyak perubahan pada versi GTI dibanding versi Golf standarnya, dikarenakan VW memang tidak ingin memberikan banyak ubahan dari tampilannya.

Hanya terdapat beberapa perubahan pada bagian grill depan yang mendapat aksen merah di sekelilingnya dan emblem "GTI" di sebelah logo VW. Selain itu, varian GTI juga mendapatkan aksen hitam doff pada spatbor depan dan belakang. Juga, ada spoiler di bawah bemper depan yang sedikit dipanjangkan untuk menunjang aerodinamika.

Eksterior VW Golf GTI Mk1.

Menurut kami, ubahan-ubahan kecil yang tidak menonjol ini merupakan keputusan yang baik. VW menciptakan kesan bahwa mobil berperforma tinggi tidak perlu tampil menonjol di jalan dan tidak menyeramkan untuk dikendarai sehari-hari.

Interior

Dashboard VW Golf GTI Mk1.

Elemen klasik Golf lainnya yang dipertahankan adalah kepraktisannya. Pada GTI Mk1 ini, VW masih menyematkan kursi untuk 5 orang penumpang dan bagasi yang cukup lega. Bahkan, ruang penyimpanan dalam seperti cup holder dan glove box pun tidak dihilangkan.

Kenyamanan dari Golf GTI Mk1 juga diprioritaskan dengan jok yang lembut dan sandaran kepalanya yang dapat disesuaikan. Tidak lupa pula sabuk pengaman tiga titik yang diterapkan ke semua kursi penumpang untuk memastikan keselamatan kita.

Tuas persneling yang berbentuk bola golf.

Memang bila dibandingkan interior pada mobil sekarang, Golf GTI Mk1 terlihat kuno dan sedikit norak. Tapi justru itulah seni yang dimiliki oleh mobil klasik, apalagi dengan trim jok bermotif kotak-kotak yang sampai sekarang masih dipertahankan di Golf GTI generasi terbaru. Sama halnya dengan tuas persneling berbentuk bola golf yang bertahan sampai generasi ke-7.

Kesimpulan

VW Golf GTI Mk1 merupakan sebuah revolusi dari pabrikan otomotif VW. Ia merupakan bukti nyata bahwa mobil yang menyenangkan untuk dikendarai tetap dapat memiliki kenyamanan, kepraktisan, keamanan, dan harga yang terjangkau layaknya mobil keluarga pada umumnya.

Seiring berjalannya waktu, popularitas Golf GTI terus meningkat dan membuat produsen mobil besar seperti Ford, Peugeot, Honda, dan beberapa yang lainnya juga ikut meramaikan pasar hot hatchback.

Walau demikian, VW tetap akan menjadi tolok ukur yang akan digunakan untuk membandingkan semua hot hatchback yang ada di pasaran, bahkan hingga saat ini. Maka, tidak mengejutkan bahwa Golf GTI Mk1 menjadi salah satu legenda otomotif.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.