Purvis Eureka Primadona Pada Zamannya

01 October 2021

Bagikan

WA
link

Mobil langka ini memang tidak pernah gagal membuat orang kagum. Mobil ini adalah Purvis Eureka yang pembuatannya dilakukan pada tahun 1974-1991. Memiliki tampilan yang rendah dan kuat, membangkitkan citra mobil sport yang selalu menarik perhatian. Bahkan modelnya bisa diadu dengan mobil sport era 2000-an.

Sejarah Purvis Eureka

Purvie Eureka Club. (tradeuniquecars.com.au)

Purvis Eureka pertama kali dibuat oleh Aussie Allan Purvis di Dandenong, Melbourne Australia. Allan Purvis mendapatkan ide membuat mobil tersebut saat berlibur di Inggris pada tahun 1971, dia terkesan dengan mobil buatan Inggris Kit Nova. Sehingga dia mengajak kerja sama dan membuat kesepakatan dengan perusahaan tersebut untuk mendistribusikan penjualan Kit Nova di Australia. Mulai dari mengumpulkan mesin, hingga mempelajari desain Kit Nova, Allan Purvis mulai merakit mobil buatannya sendiri.

Selama tiga tahun, dia dan timnya menekuni membangun mobil buatannya hingga akhirnya menjadi sempurna. Nama Purvis Eureka diambil dari nama Purvis yang merupakan nama Allan sendiri sebagai pendiri, sedangkan Eureka berasal dari kagumnya dia kepada para penambang di Eureka Stockade yang juga memiliki arti semangat juang. Bahkan mengadopsi bendera Eureka sebagai simbol perusahaan.

Purvies Eureka dengan tampilannya yang mecolok. (drivetribe.com)

Purvis Eureka dikenalkan ke masyarakat untuk pertama kalinya melalui pameran Melbourne International Motor Show pada bulan Maret 1974. Kemunculannya saat itu membuat semua orang berdecak kagum dengan karya Allan hingga menyebutnya mobil yang cantik dan keren, bahkan mobil tersebut menjadi primadona. Banyak media press Australia yang meliputnya dengan sebutan mobil yang mengagumkan.

Selain namanya yang memiliki filosofi, Purvis Eureka juga dipasarkan menggunakan motto "Untuk Individu". Karena mobil tersebut dirakit hingga menjadi mobil sport yang benar-benar individual, bahkan hanya disediakan dua tempat duduk, untuk pengemudi dan satu penumpang saja. Bahkan sering digunakan seorang diri dengan tujuan untuk balapan.

Tiga Model Eureka Menarik Perhatian

Purvis Eureka dengan model yang berbeda. (s480.photobucket.com)

Terdapat tiga model Purvis Eureka namun tetap mempertahankan ciri khasnya, jika dapat mencari perbedaannya dengan jeli kamu akan menemukan perbedaanya yang signifikan. Purvis Eureka awalnya diproduksi sekitar 235 unit hingga tahun 1991 total keseluruhan mobil yang diproduksi 683 unit dengan 3 model berbeda.

Purvis Eureka Sports

Purvis Eureka Sports 1974. (justcars.com.au)

Model Sports diproduksi antara tahun 1974 dan 1975. Model ini dapat diidentifikasi dari garis atap yang rendah dan sudut kaca depan yang lebih datar dari model lainnya. Biasanya ada lampu belakang yang terbuat dari cetakan plastik, dan di dalamnya ada panel instrumen bulat dan konsol tengah yang sempit. Dashbornya cukup sempit, sehingga penambahan pemasangan radio semakin membuat jarak ruangnya semakin lebih kecil lagi. Hal tersebut bisa diatasi dengan dibuatnya dua ventilasi besar yang dipasang di tengah kaca depan untuk membuat kenyamanan pengemudi.

Purvis Eureka PL30

Purvis Eureka PL30 1976 (flickr.com/sicnag)

Model PL30 mulai dibuat tahun 1975 hingga 1976, dengan model yang lebih upgrade dari sebelumnya. Atapnya dibuat lebih tinggi sehingga tidak masalah untuk pengemudi dengan tubuh yang tinggi. Bagian sudut kaca yang dibuat lebih tinggi, dapat mengurangi resiko pantulan cahaya matahari. Bagian belakang mobil dibuat lebih ringkas dari model Purvis Eureka Sport. Perakitan lampu belakang berbentuk persegi dengan perlengkapan yang lengkap namun bagian bumper lebih sempit di bagian bawah. Panel instrumen bertambah besar, memungkinkan pemasangan pengukur tambahan dan, yang terbaik, kelonggaran dibuat sehingga radio dapat dipasang di tengah.

Purvis Eureka F4

Purvis Eureka F4 tahun 1981. (commons.wikimedia.org)

Model F4 diproduksi antara tahun 1976 hingga 1991. Lampu depan dibuat bentuk bulat berbeda dengan Purvis Eureka PL30 berbentuk persegi, sedangkan dek belakang di atas motor dibuat lebih datar. Ada lekukan kecil di sekitar bodi tempat tudung mobil. Area di sekitar motor wiper kaca depan diubah sedikit, dan talang kecil melintang di bawah bodi kap depan. F4 juga memperkenalkan saluran udara "telinga gajah" dan spoiler belakang lowline menjadi aksesoris tambahan, diantara bagian lainnya. Secara visual model ini selalu menjadi yang terbaik dalam kendaraan performa Australia pada masanya.

Apakah Anda salah satu penggemar Purvis Eureka ? Tentunya bisa melihat mobil ini suatu keajaiban ya, karena mobil ini termasuk barang langka. Jangan lupa like artikel ini ya Kunoholics, untuk pengetahuan tentang mobil klasik yang semakin banyak.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.