Ferdinand Porsche - Sosok yang Bertanggung Jawab di Balik Volkswagen Beetle

11 December 2021

Bagikan

WA
link

Siapa sih yang tidak tahu Volkswagen Beetle? Mobil dengan desain yang unik ini ternyata menyimpan sejarah yang panjang, membuatnya menjadi mobil yang mendunia. Mobil ini di desain oleh Ferdinand Porsche, yang juga adalah pendiri dari pabrikan mobil kencang Porsche.

Ferdinand Porsche adalah seorang insinyur otomotif. Ia terkenal dengan karya-karyanya yang fenomenal seperti mobil hybrid pertama di dunia, beberapa deretan sports car Porsche, dan VW Beetle permintaan Adolf Hitler.

Ya, mungkin lumayan mengejutkan untuk mengetahui bahwa sports car mewah sekelas Porsche 356 dan VW Kodok yang imut ini lahir dari desainer yang sama. Tapi, hal ini malah membuat kami tertarik untuk tahu lebih lagi tentang karir insinyur otomotif asal Austria ini.

Jadi, buat yang penasaran juga, yuk simak terus artikel Kuno ID kali ini yang akan bercerita tentang Ferdinand Porsche sebagai desainer mobil rakyat terkenal, VW Beetle.

Biografi Singkat Ferdinand Porsche

Ferdinand Porsche bersama Ferry Porsche dan Ferdinand Piech (di kanan) tahun 1949.

Ferdinand lahir pada tanggal 3 September 1875 dan dibesarkan di sebuah desa di Ceko yang bernama Vratislavice nad Nisou. Sedari kecil, Ferdinand memiliki ketertarikan dengan hal yang berhubungan dengan teknologi, terutama hal-hal yang berbau kelistrikan.

Di tahun 1983, ketika usianya 18 tahun, Ferdinand bekerja di Bela Egger & Co, sebuah perusahaan elektrik di Vienna, Austria. Saat bekerja di sana, ia juga mendaftarkan diri sebagai mahasiswa part-time di Universitas Teknologi Vienna.

Selama 5 tahun ia bekerja di Bela Egger & Co, ia berhasil membangun wheel hub drive (penggerak roda) elektrik pertama di dunia, yang sebelumnya telah dikembangkan oleh penemu Amerika, Wellington Adams. Dikarenakan pengetahuan dan dedikasinya yang tinggi terhadap teknologi, Ferdinand berhasil dipromosikan dari seorang pekerja menjadi manajer pusat tes hanya dalam beberapa tahun saja.

Terciptanya Volkswagen Beetle

Ferdinand Porsche bersama prototype VW Type 1 tahun 1937.

Sebelum mendirikan Porsche, Ferdinand memiliki usaha di bidang konsultasi, pengembangan, dan pengerjaan mobil di Austria pada 1931. Salah satu kliennya adalah pemerintah Jerman Adolf Hitler, yang memintanya mendesain sebuah mobil.

Mobil ini akan disebut sebagai Volkswagen, bahasa Jerman untuk "mobil rakyat". Permintaan Hitler adalah untuk mobil ini menjadi alat transportasi yang murah dan praktis untuk rakyat Jerman. Maka dari itu, lahirlah Volkswagen Type 1, atau yang dikenal juga sebagai Beetle.

Dia bersama putranya, Ferry Porsche, mengembangkan desain VW Beetle, yang merupakan salah satu desain mobil tersukses sepanjang sejarah. Produksi VW Beetle Type 1 pun dimulai pada tahun 1938 hingga tahun 2003, dengan total penjualan mencapai 21,5 juta unit. Itu menjadikan Beetle model VW dengan penjualan terbanyak sepanjang sejarah.

Klik disini untuk tahu lebih lengkap lagi tentang sejarah VW Beetle di serial Cerita Kuno kami.

Masalah yang Dihadapi Ferdinand Porsche

Pabrik pembuatan VW Beetle Type 1 di Stuttgart-Zuffenhausen tahun 1941.

Ketika perang dunia ke dua terjadi di tahun 1939 hingga 1945, VW pun terpaksa menghentikan sementara produksi Beetle. Bagi pemerintah Jerman, saat itu persiapan perang lebih penting daripada produksi mobil. Ferdinand pun juga memiliki kontribusi yang penting bagi Jerman selama Perang Dunia II, dengan terlibat dalam produksi tank canggih, bom, serta sistem senjata lainnya.

Pada November 1945, akhirnya Ferdinand diminta untuk melanjutkan desain VW Type 1 ini di Perancis. Namun, karena adanya berbagai masalah, proyek ini diberhentikan bahkan sebelum dimulai. Ferdinand kemudian diturunkan posisinya dari Chairman of Board of Management VW yang kemudian digantikan oleh Ivan Hirst, seorang tentara Inggris.

Sedihnya lagi, di tahun yang sama pada 15 Desember, pihak berwenang Perancis menangkap Ferdinand dan anaknya, bersama Anton Piëch, dengan tuduhan sebagai penjahat perang dan dipenjara selama 20 bulan. Ferry dibebaskan setelah 6 bulan, sementara Ferdinand dan Anton masih tetap dipenjarakan di Paris dan Dijon sampai bulan Maret 1946. Untungnya, saat ini VW Beetle sudah mulai diproduksi dalam jumlah yang besar.

Ferdinand Porsche meninggal dari stroke di usianya yang ke-75 pada 30 Januari 1951. Dan sebelum ia wafat, ia sudah sempat berkunjung ke pabrik VW di Wolfsburg, Jerman, dimana iya sudah sempat melihat Beetle karyanya diproduksi secara massal dan laku keras.

Volkswagen Beetle Tetap Jaya

VW Beetle tahun 1938-2003 yang dimodifikasi menyerupai Herbie.

Meski Ferdinand Porsche harus melalui masa-masa yang pahit, inovasinya tetap tak pernah gagal untuk membuat orang terkagum, terutama VW Beetle Type 1 yang legendaris ini.

Terlepas dari puluhan juta unit terjual, Beetle juga menjadi ikon budaya di berbagai daerah. Pada tahun 1959, VW pernah menjadi bintang dari slogan bertulis "Small is Beauty" yang berarti "Kecil itu Cantik", tertera pada iklannya di Amerika Serikat.

Beetle juga menjadi semakin terkenal karena film Herbie the Love Bug dan serial Love Bug pada tahun 1963 hingga 1970-an. Film yang disutradarai oleh Robert Stevenson itu bercerita tentang Herbie, sebuah mobil VW Beetle yang memiliki kepribadian sendiri.

Di Indonesia, Beetle juga sempat dirakit di pabriknya yang terletak di Jakarta pada waktu itu, dan lumayan laris. Komunitasnya pun masih sangat kuat hingga sekarang, dan dengan banyaknya Beetle Type 1 yang direstorasi, sepertinya mobil ini akan masih berjalan di aspal Indonesia dalam waktu yang lama.

Ya, jika almarhum Ferdinand Porsche bisa tetap hidup untuk menyaksikan hal ini, kami yakin dia akan merasa senang dan bangga.

Kesimpulan

Ferdinand Porsche adalah seorang jenius di dunia otomotif. Ia merupakan seorang inventor yang tetap gigih dan tidak mudah menyerah. Hal ini dibuktikan oleh suksesnya VW Beetle yang lahir di jaman perang olehnya. Dan tentunya, Beetle merupakan bukti yang menginspirasi pabrikan mobil lain untuk menciptakan mobil yang terjangkau dan layak untuk dipakai sehari-hari.

Satu kutipan beliau yang menjadi favorit kami adalah: "Aku tidak dapat menemukan sports car yang aku impikan, jadi aku menciptakannya sendiri."

Itu dia Kunoholics, kisah salah satu sosok yang terpenting di dunia otomotif dan ciptaannya yang paling sukses. Buat kumpulan cerita yang serupa, kalian bisa main-main ke website Kuno ID di bagian media artikelnya ya. Sampai jumpa!

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.