21 April 2022
Saat kami pergi ke daerah Jawa Barat, kami melihat sebuah bengkel yang menarik perhatian kami, bernama Holiday Garage (ig: @holidaygarage). Ada banyak sekali mobil-mobil kuno yang terparkir di bengkel ini. Tanpa pikir panjang, kami pun langsung menyempatkan untuk mampir sebentar dan berbincang-bincang dengan beberapa staff mereka.
Disini, kami bertemu dengan koordinator bengkel dari Holiday Garage, Pak Wawan, dan beliau berbaik hati untuk berbagi kisah mengenai bengkel ini mulai dari sejarah berdiri bengkel hingga proyek apa saja yang kini sedang mereka kerjakan.
Yuk, baca terus artikel ini untuk mengikuti keseruan apa saja yang kami lakukan disini!
Holiday Garage merupakan sebuah bengkel mobil klasik yang berlokasi di Gg. Buntu 2 No.1b, RT.001/RW.004, Jatimelati, Kota Bekasi, Jawa Barat. Mereka adalah bengkel restorasi dengan spesialisasinya di bidang modifikasi hotrod dan offroad.
Pemiliknya adalah Bapak Yudianto, yang sangat disayangkan tidak sempat kami temui di hari kami berkunjung ke sini. Beliau sudah mendirikan bengkel ini sejak tahun 2006. Penamaan "Holiday" sendiri berasal dari gabungan kedua nama anak sang pemilik.
Awal cerita berdirinya Holiday Garage ini dimulai dari hobi kecil Pak Yudianto yang senang untuk membangun serta merestorasi sendiri mobil-mobil koleksinya. Melihat hasil karyanya yang mengagumkan, banyak kerabat dari Pak Yudianto yang kemudian tertarik memakai jasanya untuk memperbaiki mobilnya di Holiday Garage.
Pak Wawan selaku koordinator Holiday Garage membawa kami untuk melihat-lihat keadaan di bengkel. Meskipun bengkel ini spesialisasinya adalah di bidang hot-rod dan off-road, namun mereka juga tetap melayani jasa restorasi seperti biasa.
Proses pengerjaan restorasi di sini sesuai dengan keinginan pelanggan - apakah mobil akan direstorasi custom atau kembali ke orisinil. Saat kami bertanya pada Pak Wawan proyek manakah yang paling sulit untuk dikerjakan, beliau menjawab bahwa restorasi custom adalah yang paling berat penanganannya. Berbeda dari restorasi orisinil yang masih memegang teguh konsep asli mobil, restorasi custom memiliki banyak hal yang diubah sesuai dengan selera pelanggannya.
Meski begitu, untuk waktu pengerjaannya, restorasi orisinil memakan waktu lebih banyak. Suku cadang yang langka di Indonesia membuat Holiday Garage terpaksa harus mengimpor komponen dari luar negeri, yang mana membutuhkan waktu yang lama dalam menunggu pengiriman.
Ada banyak sekali mobil yang terparkir di Holiday Garage, dan kebanyakan mobil-mobil klasik disini adalah mobil Amerika. Semua proyek restorasi mereka kerjakan disini, dan ketika mobil sudah selesai, mereka akan memindahkan mobil tersebut ke garasi rumah pribadi Pak Yudianto.
Saat kami berkunjung kesana, Holiday Garage sedang dalam tahap pengerjaan 5 unit mobil. Kelima mobil tersebut adalah Chevrolet C10 Pickup, Chevrolet Deluxe 1982, Ford 1946, M100 1956, Chevrolet Apache 1959.
Salah satu mobil yang paling menarik perhatian kami adalah Chevrolet Bell Air tahun 1957, yang saat itu sudah 70% pengerjaannya. Mobil dengan garis aksen coklat keemasan ini adalah proyek custom mereka yang sudah jalan selama 4 bulan.
Selain dari warna mobil yang nyentrik, ada beberapa perubahan yang dimodifikasi pada kendaraan ini. Mobil yang tadinya memiliki 4 pintu pun diubah menjadi 2 pintu, serta atap mobil juga dibuat menjadi lebih rendah.
"Waktu pertama kali datang ke bengkel, tidak ada kaki-kaki serta mesin mobil yang terpasang dan hanya ada bagian bodi mobil saja. Semuanya termasuk perakitan mesin, eksterior dan interior kami kerjakan sendiri." jelas Pak Wawan ketika kami wawancarai.
Beberapa waktu yang lalu Holiday Garage mendapat banyak klien yang ingin meng-custom mobil klasik mereka. Kebanyakan dari para klien tersebut akan menggunakan mobilnya untuk diikutsertakan pada perlombaan di pameran mobil klasik.
Salah satunya adalah Mercy Batman, dengan pengerjaannya yang hampir memakan waktu selama setahun. Menurut Pak Wawan, mobil ini jugalah yang memegang rekor restorasi tersulit dan terlama di Holiday Garage.
Permasalahan yang paling sering dihadapi bagi pemilik mobil klasik adalah seringnya terjadi mogok. Tentunya ga asyik kan, lagi jalan-jalan menggunakan mobil lalu seketika mesinnya mati dan tidak bisa berjalan? Karena itu, Pak Wawan memberikan saran agar selalu melakukan perawatan ekstra pada mesin mobil kuno.
"Kalau dari awal mobil dan mesin dalam kondisi sehat, mobil pasti tidak akan mogok. Tapi itu tergantung dari perawatan yang punya mobilnya juga." tambahnya.
Jadi bagi Kunoholics yang mempunyai mobil klasik di garasi rumah kalian, ingatlah untuk melakukan pengecekan secara berkala, ya!
Itulah pengalaman kami berkunjung ke Holiday Garage. Kami beruntung untuk bisa mampir ke salah satu bengkel restorasi mobil klasik di Indonesia dan saling berbagi cerita mengenai bidang yang sangat kami sukai ini.
Kalau Kunoholics lagi ke Bekasi, jangan malu untuk main-main ke bengkel mereka ya. Holiday Garage melayani setiap hari Senin-Sabtu pada jam 08.00–18.00 WIB. Bagi kalian yang tertarik untuk melakukan restorasi dan modifikasi mobil klasik (khususnya konversi off-road dan hot-rod), bisa mampir ke sini dan berkonsultasi pada para pakarnya ya.
Continue Reading
Bookmark
Comments
No Comments Yet