14 December 2022
Tidak hanya mobil klasik asal Amerika atau Eropa saja yang diminati oleh para kolektor. Mobil-mobil buatan Jepang juga tidak kalah menariknya. Salah satu produsen besar Jepang, yaitu Toyota dikenal dengan kenyamanan serta keandalan yang diberikan.
Nah, pada artikel edisi Best Pick kali ini kita akan bahas mengenai mobil-mobil klasik yang pernah Toyota produksi. Dari sekian banyak model, kami telah menemukan 5 mobil klasik terhebat yang pernah ada. Perlu diingat bahwa kelima mobil ini adalah pilihan terbaik versi Kuno ID, ya!
Adakah salah satunya mobil favoritmu? Yuk, cari tahu!
Baca juga: 5 Volkswagen Klasik Terbaik Sepanjang Masa | Best Pick
Bagi penggemar off-road pastinya sudah tak asing lagi dengan mobil yang satu ini, bukan? Ya, ini adalah Land Cruiser atau di Indonesia lebih dikenal dengan Toyota Hardtop. Dari seluruh jajaran SUV yang masuk ke Indonesia, Land Cruiser merupakan mobil yang paling melegenda. Memiliki nama lengkap Toyota Land Cruiser FJ40, mobil ini mulai diproduksi di tahun 1960 menggantikan seri J20.
Tidak hanya berbadan kokoh saja, Land Cruiser juga dibekali dengan mesin yang buas dengan banyak pilihan mesin diesel atau bensin. Pada jajaran mesin bensinnya ada 2 pilihan mesin, yaitu 3,900 cc dan 4,200 cc inline-6 yang bertenaga 105 - 133 hp dan torsi 256 - 284 Nm. Sedangkan mesin diesel memiliki pilihan yang lebih beragam, mulai dari 3,000 cc inline-4 hingga 4,000 cc inline-6 yang mampu melontarkan tenaga 80 - 105 hp dan torsi 191 - 240 Nm.
Toyota memang merancang Land Cruiser sebagai kendaraan tangguh yang mampu melintasi segala medan berat seperti menyelam sungai, menaiki bukit dan melewati jalan berbatu maupun berpasir. Makanya mobil ini bisa sangat populer di negara kita. Kunoholics juga bisa menemukan banyak sekali Land Cruiser di beberapa pelosok Indonesia serta tempat wisata berjalan terjal dan curam seperti gunung Bromo, kawasan Merapi dan lainnya.
Toyota 200GT merupakan salah satu mobil paling ikonik dan langka yang pernah dibuat oleh produsen mobil asal Jepang ini. Diproduksi selama tiga tahun, Toyota membuat 200GT hanya sebanyak 351 unit kendaraan saja.
Sport cars yang satu ini diberikan mesin berkapasitas 1.988 cc inline-6 yang bertenaga 148 hp dan torsi 176 Nm. Mesin ini kemudian disambungkan ke transmisi manual 5 percepatan. Hasilnya, ia mampu berakselerasi 0 - 97 km/h dalam 10 detik dengan kecepatan maksimalnya mencapai 217 km/h. Cukup mengesankan, bukan?
Salah satu hal yang membuat mobil ini semakin populer adalah dengan tampilnya 200GT pada film ternama seperti James Bond. Hadirnya mobil ini dalam sebuah film Box Office ditambah dengan jumlah produksinya yang terbatas, membuat para kolektor berebut mengoleksi 200GT. Pantas saja ya, harga lelang mobil ini bisa mencapai nilai miliar hingga triliunan rupiah!
Toyota AE86 merupakan salah satu mobil klasik dambaan bagi beberapa para kolektor. Mobil ini memiliki dua versi yaitu Toyota Corolla Levin dan Toyota Sprinter Trueno. Membedakannya kedua mobil ini cukup mudah, kalian hanya perlu memperhatikan pada bagian headlamp-nya saja. Pada varian Levin, ia memiliki model headlamp yang sama seperti mobil jaman sekarang, sedangkan Trueno memiliki headlamp bermodel pop-out.
Kedua versi tersebut sama-sama berbekal mesin 4 silinder DOHC yang berkapasitas 1.587 cc. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 128 hp dan torsi 149 Nm yang kemudian disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan. AE86 yang berpenggerak roda belakang (RWD) juga menawarkan fitur Limited Slip Differential (LSD), dan kombinasi dari kedua sistem tersebut membuat kendaraan ini enak untuk diajak nge-drift. Sangat menggoda bagi pembalap kan?
AE86 juga semakin populer ketika berperan dalam sebuah komik Jepang terkenal, Initial D, sebagai mobil milik pemeran utamanya. Jadi gak heran, kalau AE86 menjadi salah satu mobil Toyota yang melegenda.
Toyota memperkenalkan MR2 pada tahun 1984 dan dipasarkan secara eksklusif di Toyota Auto Store dan Toyota Vista Store (sekarang Netz Toyota Store). Nama MR2 sendiri merupakan kependekan dari “Midship Runabout 2-seater”.
Mengusung mesin sebesar 1.587 cc inline 4, membuatnya bertenaga hingga 112 hp. Ada dua pilihan transmisi yang tersedia, manual 5 kecepatan dan automatic 4 kecepatan. Pada test drive yang dilakukan oleh Toyota, MR2 mampu mencapai 0 - 60 mph (97 km/h) dalam rentang waktu 8 detik, lebih cepat dari Pontiac Fiero dan Fiat X1/9 yang merupakan saingannya di masa itu.
Kalau mendengar kata Corona, apa hal pertama yang terpikirkan? Beberapa orang mungkin akan memikirkan tentang virus berbahaya yang sedang melanda dunia saat ini. Namun, bagi pecinta otomotif sejati, pastinya kalian langsung teringat dengan salah satu sedan buatan Toyota yang populer di antara tahun 1970 hingga 1980-an. Dari 10 generasi Corona yang diproduksi, generasi ketiga-nya merupakan generasi mobil yang paling populer dan paling diminati oleh banyak orang.
Pada Corona generasi ketiga, terdapat beberapa pilihan mesin inline 4 mulai dari yang terkecil 1.200 cc untuk pasar Amerika Serikat, 1.600 cc dengan 2 karburator untuk pasar Australia dan 1.600 cc DOHC untuk pasar Jepang.
Kendaraan ini ternyata dirancang oleh desainer asal Italia yaitu Battista Farina, yang secara khusus diminta oleh Toyota. Makanya, Corona generasi ketiga memiliki penampilan bak mobil-mobil asal Eropa. Desainnya yang mengotak, bumper berbahan krom serta 4 buah lampu depan memberikan sentuhan klasik era 1970-an. Ini adalah salah satu alasan mengapa Corona generasi ketiga tidak hanya populer di Jepang, namun juga di kawasan Amerika dan Australia.
Bagi kami, mobil klasik merupakan bagian dari sejarah yang perlu kita lestarikan keberadaannya. Meski keandalannya dan fiturnya tidak secanggih seperti mobil modern, namun mereka menawarkan desain menawan yang tentu tidak bisa kamu temukan pada mobil modern.
Continue Reading
Bookmark
Comments
No Comments Yet