5 Mobil Klasik Terindah Sepanjang Masa

09 April 2022

Bagikan

WA
link

Beberapa orang mungkin berargumen bahwa mobil itu lebih dari sekedar alat transportasi, melainkan juga sebuah karya seni. Dan menurut kami, itu ada benarnya.

Kami berbicara terutama mengenai mobil klasik, dimana memang dulu tercipta mobil-mobil dengan bentuk yang sangat menawan dan enak dipandang mata. Mobil-mobil ini diproduksi oleh beberapa pabrikan dari berbagai negara, dan menjadi cikal bakal desain kendaraan roda empat yang kita lihat sekarang.

Berkat usaha dan talenta luar biasa desainer-desainer mobil jaman dulu, pecinta mobil kuno dihadiahi dengan karya-karya yang luar biasa. Dan tanpa berlama-lama, kami akan mempersembahkan 5 mobil klasik terindah dengan desain yang timeless, dengan kecantikannya yang tak lekang oleh waktu.

Enjoy!

Aston Martin DB5 (1963-1965)

DB5 adalah sebuah Coupe Aston Martin yang dirilis pada tahun 1963. Mobil ini adalah grand tourer yang dibuat oleh produsen mobil mewah asal Inggris tersebut. Ia juga terkenal karena banyak tampil di dalam serial film James Bond; kalau kalian penggemar Agen 007 itu, pasti tidak akan asing dengan mobil ini.

DB5 adalah coupe yang sangat bergaya dengan desain maskulin, dicirikan oleh bodinya yang melengkung, lampu depan yang menonjol, dan bumper depan yang mencolok. Ciri khas grand tourer sejati juga kental di mobil ini, dengan kap mesin yang panjang, atap coupe melandai, dan garis bagasi yang berkecukupan. Sangat menyenangkan untuk dapat melihat mobil ini melaju.

Tak hanya cantik di luar, mobil ini juga dibekali mesin buas 4.000 cc inline-6 yang mampu menghasilkan tenaga 323 hp dan torsi 390 Nm. Alhasil, 0-100 km/h tuntas hanya dalam 8.4 detik, dan kecepatan maksimalnya dapat mencapai 261 km/h. Mesin tersebut bersambung dengan transmisi manual 5 percepatan yang menyalurkan tenaganya ke roda belakang (RWD).

BMW 507 (1956-1960)

BMW memperkenalkan roadster mereka, 507, pada tahun 1956. Pabrikan mobil Jerman tersebut pada awalnya memiliki harapan besar pada mobil ini untuk dapat menjualnya sebanyak 5.000 unit per tahun. Namun, karena biaya pengembangan dan produksinya yang tinggi mengakibatkan harga jual yang kurang menarik di mata pasar. Jadi, pada akhirnya BMW 507 hanya diproduksi sampai tahun 1960 dengan 252 unit saja.

Roadster BMW 507 mengambil gaya futuristis yang populer pada saat itu, dan menambahkan beberapa fitur canggih agar membuatnya menjadi mobil premium. Kap yang runcing juga memberikan tampilan seperti sebuah mobil balap. Bahkan, bintang dunia seperti Elvis Presley pun dibuat takjub dengan mobil ini dan membelinya!

BMW 507 mengadopsi mesin 3.200 cc V8 yang menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 235 Nm. Mesin ini dikawinkan ke transmisi manual 4-percepatan dan berpenggerak roda belakang. Ia dapat berakselerasi dari 0-100 km/h dalam 11 detik saja, dan kecepatan maksimumnya mencapai 196 km/h.

Saat ini, BMW 507 telah menjadi salah satu mobil kuno yang sangat layak untuk dikoleksi. Dari segi desainnya yang memukau, performa yang mengesankan, dan kelangkaannya membuatnya semakin diburu oleh banyak kolektor mobil klasik di seluruh dunia.

Ford Thunderbird (1955-1957)

Ford memperkenalkan generasi pertama dari Thunderbird di Detroit Auto Show pada tahun 1954. Ia merupakan mobil convertible Amerika yang bergaya eksotis pada zamannya.

Secara desain, mobil ini memang mirip dengan Chevy Corvette C1, tapi ia tampil tegas dengan fintail-nya yang menyerupai mobil Batman. Selain itu, bentuk mobil ini juga memukau, apalagi dengan fascia depannya yang berlampu timbul dan beraksen chrome pada gril dan bempernya.

Mobil ini dibekali mesin 4.785 cc V8 dengan tenaga 198 hp dan torsi 379 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 3-percepatan. Berbekal mesin tersebut, Thunderbird mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 185 km/h.

Memang, kalau soal kecepatan, mobil ini belum dapat disetarakan dengan mobil sport Jerman lainnya. Namun bagi Ford, mobil ini adalah sports car yang istimewa karena dibuat dengan fokus utama mengedepankan kenyamanan pengemudi dibandingkan kecepatan.

Toyota 2000GT (1967-1970)

Langka, indah, dan mengagumkan - itu adalah kata-kata yang sangat menggambarkan Toyota 2000GT. Mungkin Kunoholics juga tidak asing dengan mobil klasik yang satu ini, sebab ia pernah tampil dalam film 'You Only Live Twice' - seri kelima dalam James Bond yang tayang pada tahun 1967.

Toyota 2000GT adalah coupe bermesin depan dan berpenggerak roda belakang. Mobil yang satu ini dibekali mesin 6 silinder berkapasitas 2.253 cc mengeluarkan 140 hp. Memang bukan tenaga yang fantastis, tapi disini Toyota berusaha menunjukan usaha mereka dalam menciptakan sports car yang cantik dan bisa dipakai sehari-hari.

Mengusung nama GT (Grand Tour), Toyota tidak hanya menciptakan sports car biasa, melainkan grand tourer yang nyaman dan praktis. Garis atap landainya menyatu sampai belakang, menjadikannya memiliki bagasi model liftback. Tak hanya mempercantik bentuknya, mobil ini merupakan salah satu sports car dengan bagasi terluas di kelasnya.

Prototipe pertama 2000GT selesai pada tahun 1965 dan mulai dijual massal pada tahun 1967. Sayangnya, penjualan mobil ini hanya berlangsung selama 3 tahun, dengan total produksi hanya 351 unit kendaraan, menjadikannya sebagai mobil klasik yang langka dan diburu para pecinta JDM.

Bugatti Type 57 SC Atlantic (1936-1938)

Melihat fotonya saja, kita dapat merasakan wibawa mobil ini yang begitu besar. Mobil yang memberikan kesan elegan dan sporty ini adalah Bugatti Type 57 SC Atlantic. Ia diproduksi pada tahun 1936-1938, dan dibuat sebanyak 4 unit saja! Maka dari itu, Bugatti Type 57 SC Atlantic merupakan salah satu mobil paling berharga di dunia.

Mobil ini lahir di zaman sebelum perang dunia dimulai, dan hanya orang yang benar-benar kaya dan terhormat saja yang dapat membelinya. Berbodi aluminum, grand tourer ini dirancang kokoh, tapi tidak terlalu berat agar tetap memiliki pengendalian yang lincah.

Secara bentuk, mobil ini benar-benar sensasional, bukan? Jarang sekali kalian akan menemukan garis bodi yang patah, karena mobil ini penuh dengan lekukan-lekukan yang seksi. Tak hanya untuk kecantikan, tapi juga aerodinamis yang penting untuk menunjang kecepatan tinggi.

Selain itu, bodinya yang bongsor itu bukanlah tanpa tujuan. Dibalik kap mesinnya yang besar terdapat mesin 3.257 cc inline-8 dengan supercharger bertenaga 210 hp. Alhasil, mobil ini dapat melaju hingga 200 km/h, dimana itu adalah kecepatan yang tidak pernah dicapai sebelumnya oleh mobil apapun waktu itu.

Bahkan, banyak orang menganggap bahwa ini adalah supercar pertama di dunia.

Kesimpulan

Setelah mengumpulkan data di atas, kami semakin yakin bahwa mobil tidak hanya sebuah kotak besi yang akan membawa penumpang dari satu tempat ke tempat lain. Namun, ia juga bisa dinikmati sebagai mahakarya seni yang luar biasa cantik dan indah untuk dipandang.

Kami yakin, hingga beberapa dekade ke depan, kecantikan mobil-mobil di atas tidak akan pernah pudar, apalagi jika kondisinya dirawat dan direstorasi secara berkala. Tentunya, nilai jualnya juga akan naik secara signifikan.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.