5 Mobil Klasik Terbaik dari Serial Film Fast and Furious

25 June 2022

Bagikan

WA
link

Kalau kalian adalah penggemar otomotif dan film, pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan Fast and Furious. Ya, film keluaran Universal Pictures ini menampilkan banyak sekali adegan yang menegangkan.

Dibintangi oleh Vin Diesel (Dominic Toretto), Brian O’Conner (Paul Walker), Dwayne Johnson (Luke Hobbs), dan masih banyak lagi, mereka berhasil menyuguhkan aksi balap yang memacu adrenalin dengan dibantu oleh berbagai merek mobil keren mulai dari mobil klasik hingga mobil modern. Beberapa mobil diantaranya ternyata dimodifikasi khusus hanya untuk keperluan syuting lho! Maka tak heran jika film ini terkenal dengan mobil berkecepatan tinggi, canggih, gagah, serta ikonik.

Penasaran kan dengan merek dan tipe mobil klasik yang ada di film ini? Nah berikut ini telah kami rangkum kelima mobil klasik keren di film saga Fast and Furious.

Baca juga: 5 Mobil Klasik Terbaik dari Serial Film James Bond

1970 Dodge Charger (dari The Fast and The Furious 2001)

Dodge Charger R/T buatan tahun 1970 merupakan kendaraan paling populer dalam seri Fast and Furious. Sejak film perdananya, muscle car berwarna hitam ini sudah mencuri perhatian di kalangan penggemar. Kendaraan ini merupakan peninggalan dari mendiang ayah Dominic yang meninggal karena sebuah kecelakaan.

Pada filmnya, mobil ini mengalami penambahan supercharger pada mesin, diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 900 hp. Tenaga ini jauh lebih besar dari tenaga V8 standarnya, yaitu sebesar 390 hp “saja”. Dodge Charger R/T memiliki akselerasi 0-100 km/h dalam waktu 6,2 detik dengan kecepatan maksimalnya yang mencapai 235 km/h.

Berkat kepopulerannya dalam film Fast and Furious, kini Dodge Charger R/T menjadi koleksi mobil klasik yang bernilai hingga US$ 175 ribu atau sekitar Rp 2,5 miliar rupiah.

1967 Ford Mustang (dari The Fast and The Furious: Tokyo Drift 2001)

Sean Boswell (Lucas Black) mengendarai Ford Mustang 1967 yang juga sebelumnya ditemukan oleh ayahnya dalam keadaan bangkai. Dalam film The Fast and the Furious: Tokyo Drift, kendaraan ini memerlukan mesin yang baru dan kebetulan lokasi film sedang berada di Jepang. Maka, dipilihlah mesin “RB26” dengan kapasitas 2.600 cc twin-turbocharged 6 silinder dari Nissan Silvia S15.

Tim produksi memerlukan waktu selama dua bulan untuk memasang mesin RB26 pada model Mustang 1967. Selain itu, motor Windsor 430 inci dengan ujung belakang 9 inchi dan spool juga ditambahkan. Alhasil, mobil ini pun memiliki tenaga sebesar 500 hp - pantas saja cocok buat drifting!

Dengan konfigurasi unik tersebut - mesin ikonik jepang yang disematkan ke dalam mobil ikonik Amerika -, mobil ini sungguh dikenang oleh pecinta mobil dan franchise film Fast and Furious.

1970 Ford Escort RS1600 (dari Fast and Furious 6 2013)

Mobil berwarna biru dengan garis putih yang melintang sepanjang bodi ini tampil dengan lincah pada Fast and Furious 6. Kendaraan yang dikemudikan oleh Brian O’Conner (Paul Walker) ini tak lain adalah Ford Escort RS1600 keluaran tahun 1970.

Didukung oleh mesin 1.600 cc 4 silinder memungkinkan sports coupe yang satu ini untuk menghasilkan tenaga 113 hp. Namun, tentunya tenaga itu kurang melimpah untuk O’Conner yang hendak menyelamatkan temannya dari dilindas tank. Setelah dimodifikasi oleh Cosworth (tuner mesin asal Inggris), mesin ini menghasilkan lebih dari 200 hp.

Tim produksi film membeli sekitar lima unit RS1600 asli dan merestorasinya agar setiap unit tersebut terlihat sama persis, baik dari segi penampilan maupun mesinnya. Meski produser tahu bahwa beberapa dari mobil tersebut nantinya akan hancur total karena adanya adegan tabrakan, namun restorasi total dengan mesin yang masih berfungsi baik tetap diberikan. Wah, totalitas sekali, ya!

1971 Nissan Skyline GT-R (dari Fast Five 2011)

Nissan Skyline GT-R 1971 merupakan salah satu mobil yang dikendarai Brian O’Conner (Paul Walker) untuk menuju ke Rio de Janeiro, Brazil dalam sekuel Fast Five. Kendaraan ini merupakan GT-R generasi pertama dengan kode KPGC10 dan memiliki julukan “hakosuka”, yang adalah penggabungan dari kata box (hako) dan skyline (suka).

Kendaraan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969 ini menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc DOHC inline 6 yang menghasilkan tenaga 160 HP. Dari mesin tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi 5 percepatan. Kecepatan tertinggi yang mampu diraih mobil ini adalah 200 km/h.

Sekarang Nissan Skyline GT-R keluaran 1971 tergolong sebagai mobil klasik yang langka dan bisa bernilai hingga USD $210.000, atau setara dengan 3 miliar rupiah. Kalau Kunoholics tertarik, kalian bisa menabung mulai dari sekarang untuk mendapatkan mobil langka yang satu ini, kemungkinan di pusat pelelangan terdekat.

1987 Buick Regal GNX (dari Fast and Furious 2009)

Dari beberapa mobil yang sudah kami sampaikan di atas, kami tak bisa melewatkan mobil yang satu ini. Ini adalah salah satu mobil yang dipakai Dominic Toretto untuk membajak sebuah truk tangki BBM, Buick Regal GNX 1987.

Sedan 2 pintu ini dilengkapi dengan mesin 3.800 cc V6 yang mampu menghasilkan tenaga 245 hp. Dengan mesin tersebut, Buick Regal GNX dapat menuntaskan drag race sepanjang 402 meter dalam 14,23 detik.

Meski memiliki desain yang sangat sederhana, namun tetap memperlihatkan sisi khas maskulin dari sebuah muscle car klasik. Berdasarkan motorbiscuit.com, Buick Regal GNX sekarang bernilai USD $205.000, atau setara dengan 2,9 miliar rupiah.

Kesimpulan

Nah itu dia kelima kumpulan mobil klasik terkeren dalam saga Fast and Furious. Sejak penayangan pertamanya di tahun 2001, Fast and Furious sudah memiliki 9 sekuel dan rencananya di tahun depan (2023) akan hadir seri baru yang merupakan part pertama dari sekuel kesepuluhnya.

Jadi penasaran kan dengan mobil-mobil keren selanjutnya yang akan tampil pada film ini?

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.