Restorasi Pandora Kaiser : Mobil VW Kombi Klasik Nan Asik Part 1

13 April 2021

Bagikan

WA
link

kuno.id- Membahas mengenai mobil klasik memang menarik untuk diulik, terlebih lagi di mata para penggemar mobil klasik. Dunia otomotif seputar mobil klasik bisa disebut sebagai bagian dari gaya hidup (lifestyle) dan bisa menjadi sebuah bisnis.

Mobil kuno kebanyakan sudah usang karena termakan usia, sehingga membutuhkan perbaikan atau restorasi untuk memulihkan kembali atau membuatnya kembali bagus dan menarik, sehingga nantinya bisa dijual dengan harga tinggi.

Sebuah proses restorasi tidak hanya membutuhkan ide modifikasi, tapi juga ketelitian agar nilai klasik dari mobil tersebut juga tidak pudar. Proses restorasi bukanlah hal yang mudah, karena prosesnya yang memakan waktu lama dan juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Pandora Kaiser, Mobil VW Kombi yang Akan Direstorasi

Pengecekan Mobil VW Kombi sebelum dilakukan proses restorasi. (kuno.id)

Mobil klasik yang akan direstorasi oleh Kuno ID kali ini yaitu Volkswagen Tipe 2, yang memiliki nama resmi Kombi/Transporter. Mobil VW Tipe 2 ini diperkenalkan tahun 1967-1979.

Mobil VW T2 keluaran tahun 1974 yang akan direstorasi oleh kuno.id ini dimiliki oleh seorang kolektor yang mencintai mobil klasik. Mobil ini diberi nama Pandora Kaiser oleh pemiliknya. Bagian penting restorasi kali ini adalah body mobil yang akan dibuat lebih panjang 80cm dari aslinya.

Sebelum melakukan proses restorasi, pertama-tama dilakukan pengecekan pada mesin dan kaki-kaki mobil VW Kombi tersebut. Setelah dilihat dan dicek montir ahli kuno.id, ada bagian yang keropos dan patah pada bagian nipel untuk hidrolis res, sehingga dibutuhkan penggantian.

Selain itu, ditemukan juga caliper kit sudah rusak. Karet master rem belakang juga perlu diganti. Untungnya, beberapa kabel handbrake cukup dibersihkan saja, tidak perlu diganti.

Selanjutnya, dilakukan bongkar rem 4 roda. Prosesnya dengan mengganti klep rem belakang kanan, ganti kit caliper 1 set kiri, ganti nepel angin rem, dan ganti selang bensin.

Dapat dilihat dengan jelas bahwa mobil klasik ini terlihat usang dan tidak terawat. Catnya sudah banyak yang mengelupas. Karena itu, perlu dilakukan pengerokan cat pada body Pandora Kaiser, untuk mengetahui mana saja bagian yang keropos

Setelah semua bagian keroposnya tampak, dilanjutkan dengan pengelasan dan penggantian plat besi untuk lantai bagian depan yang keropos. Caranya dengan memotong bagian plat yang keropos, lalu di mal, atau bikin pola dari karton untuk dibuatkan lagi dari plat galvanis.

Selanjutnya, dilakukan pengelasan lagi di bagian lambung kiri dan body VW. Plat kopling Pandora Kaiser juga diganti dengan yang baru, dan ditambah dengan serta merakit jig.

Membelah Body Pandora Kaiser

Tahap Body VW Kombil dipotong, dipisahkan antara bagian depan dengan bagian belakang. (kuno.id)

Secara umum, restorasi mobil bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh kemahiran, ketelitian, dan juga teknik yang tinggi untuk menghasilkan restorasi mobil yang baik. Salah satu contohnya adalah proses memperpanjang body Pandora Kaiser, si VW Kombi.

Alasan dari penambahan panjang body ini adalah agar ruang di dalam mobil lebih lega, dan semakin leluasa saat kembali dikendarai nantinya.

Tahap awal penambahan panjang mobil klasik yang mirip mini bus ini adalah dengan memotong body-nya terlebih dahulu. Proses membelah body mobil berukuran jumbo ini, membutuhkan teknik yang tidak mudah karena harus menggunakan penghitungan agar tetap presisi.

Begitu pula dengan perhitungan ukuran chasis. Karena body mobil semakin panjang, ukuran chasis juga perlu menyesuaikan. Montir ahli kuno.id telah mempersiapkan chasis dengan pengukuran akurat yang sudah dipertimbangkan sebelumnya

Sambung Kembali yang Sebelumnya Terbelah

Setelah dilakukan penambahan bagian VW Kombi agar lebih panjang, selanjutnya proses Las dan kenteng untuk menyambungkan body yang sebelumnya dipotong. (kuno.id)

Proses menyambung kembali bagian mobil yang sebelumnya terbelah digunakan teknik body repair yaitu las dan kenteng. Teknik las kenteng gunanya untuk part mobil yang sudah dipres digabung menjadi sebuah kerangka mobil melalui suatu pengelasan menggunakan plat tambahan dan mesin las.

Fokus proses restorasi Pandora Kaiser adalah untuk membuat mobil klasik ini nyaman digunakan dengan kompartemen yang lebih luas. Dengan begitu, mobil VW keluaran 1974 ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas seru dan bermanfaat.

Contohnya digunakan untuk berwisata dengan mengajak kerabat dan keluarga. Karena lebih luas, mobil dapat menampung seluruh anggota keluarga. Perjalanan juga akan lebih nyaman karena ruang di dalam mobil yang lebih leluasa. Mobil yang lebih luas juga dapat digunakan untuk berjualan karena mampu menampung lebih banyak barang. Dengan gaya retro yang dimiliki VW Kombi T2, stand jualan akan lebih menarik dan menarik mata pembeli.

Memasang Dinding Mobil Bagian Kanan dan Kiri

Proses pemasangan kembali bagian dinding agar lebih kuat dan kokoh. (kuno.id)

Tidak hanya chasis saja yang perlu menyesuaikan dengan panjang body mobil yang baru, tetapi juga dinding-dinding mobil. Para montir ahli dari kuno.id juga telah memperhitungkan hal ini, dengan teknik dan ketelitian yang tepat.

Hasilnya, Pandora Kaiser memiliki body baru dengan ukuran presisi, mulai dari body, chasis, hingga kerangka mobil.

Pasang Atap dan Lantai Mobil

Bagian atap dan lantai dipasang, dan ada penambahan ukuran sehingga bagian atap dan lantai mengikuti body mobil VW Kombi. (kuno.id

Bagian atap dan lantai Pandora Kaiser juga mendapatkan perhatian khusus, karena merupakan bagian penting untuk kenyamanan penumpang. Ukurannya juga disesuaikan dengan perubahan dinding dan chasis mobil. Sehingga bagian atap dan lantai juga semakin panjang karena adanya penambahan ukuran.

Proses Pemasangan atap dan lantai menggunakan cara las dan kenteng, karena ada bagian yang harus dipasang dan penambahan plat dibeberapa bagiannya.

Pasang Pintu Agar Aman

Proses pemasangan pintu dengan memasangnya dengan handle pintu. (kuno.id)

Pintu mobil klasik ini juga telah keropos dan berkarat. Karena itu, kuno.id memutuskan untuk mengganti pintu Pandora Kaiser. Awalnya, dilakukan pembuatan engsel pintu terlebih dahulu, dan dilanjutkan dengan pembuatan pintunya.

Saat bagian lain dari body mobil sudah selesai, pintu yang baru akan dipasang. Nah, Pandora Kaiser kini memiliki pintu yang sudah kembali bagus dan nyaman digunakan.

Mesin, Bagian Vital Dari Mobil VW Kombi

Mesin VW kombi yang sudah melalui proses pembersihan. (kuno.id)

Mesin merupakan bagian terpenting dari sebuah mobil. Karena itu, dalam proses restorasi mobil klasik, bagian ini merupakan tahap paling krusial.

Mobil klasik harus dicek mesinnya, jika perlu, lakukan penggantian mesin agar mobil dapat kembali berfungsi.

Pintu Unik Model Kupu-Kupu

Pintu dikencangkan dengan handle. (kuno.id)

Keunikan lain dari body baru Pandora Kaiser adalah pintu mobil yang dibuat model kupu-kupu. Lazimnya, mobil VW Kombi memiliki pintu model geser, tetapi kuno.id memutuskan untuk membuat model pintu kupu-kupu.

Tahap ini sendiri masih dalam proses perencanaan. Sehingga nantinya, masih ada tahap-tahap lainnya sebelum Pandora Kaiser selesai direstorasi.

Proses restorasi memang bukanlah hal yang mudah. Prosesnya pun cukup memakan waktu. Namun, kuno.id percaya bahwa restorasi Pandora Kaiser nantinya akan memberikan hasil yang memuaskan.

Pasti penasaran dengan hasil akhir dari restorasi mobil klasik ini, kan? Kira-kira jadi sekeren apa Pandora Kaiser nanti? Terus ikuti update dari kuno.id dalam proses restorasi Pandora Kaiser si VW Kombi T2.

Continue Reading

Bookmark

Comments

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.