Restorasi Pandora Kaiser : Mobil VW Kombi, Model Bus Mini Part 2

21 April 2021

Bagikan

WA
link

Proses restorasi tidak hanya membutuhkan biaya yang banyak, namun juga membutuhkan waktu yang cukup lama dengan pengerjaan yang detail pada setiap bagian mobilnya. Pengerjaan mobil Volkswagen Type 2 keluaran tahun 1974, Pandora Kaiser, pada artikel sebelumnya sudah membahas mengenai tahan persiapan proses restorasi hingga proses restorasi tahap pertama. Proses tersebut meliputi proses pengecekan bagian yang perlu direstorasi, membelah body, menambah bagian body, menyambung body, memasang dinding disesuaikan dengan ukuran yang baru, pasang atap dan lantai, serta memasang pintu pada mobil

Pada Proses Restorasi Tahap 2 ini akan dibahas mengenai perjalanan restorasi di bagian kaki-kaki mobil dan beberapa parts dari interior mobil.

Lepas Kaki

Lepas kaki VW Kombi. (kuno.id)

Bagian bawah atau kaki-kaki mobil juga memerlukan proses restorasi, ada 4 bagian kaki-kaki mobil yang harus melalui pengecekan terlebih dulu untuk mengetahui perlu adanya restorasi total atau hanya pembersihan saja. Bagian-bagian tersebut mulai dari shockbreaker , bushing arm, bearing.

Shockbreaker berfungsi untuk meredam segala guncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata, jalanan berlubang dan kondisi jalan lainnya.

Bushing arm adalah bagian kaki-kaki mobil yang fungsinya adalah sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda. Komponen ini berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet. Alat ini juga bertanggung jawab untuk meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil.

Bagian terpenting dari kaki-kaki mobil yang berikutnya adalah bearing. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menjadi bantalan di roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda. Bearing juga memberi pengaruh terhadap kestabilan laju mobil.

Saat berbicara mengenai kaki-kaki mobil maka tak akan bisa lepas dari ban. Setelah melakukan perjalanan panjang biasanya satu bagian mobil yang paling terasa dampaknya adalah ban mobil. Hal ini dikarenakan ban lah yang mendapatkan gesekan langsung dari aspal dan ban lah yang bekerja paling keras dalam setiap perjalanan.

Perbaikan Jok

Menghilangkan bagian nerkarat pada penyangga jok. (kuno.id)

Bagian interior yang juga memerlukan restorasi yaitu bagian jok mobil VW. Banyak bagian yang berkarat untuk penyangga atau dudukan. Dimana harus dilakukan pengecekan bagian mana yang berkarat dan perlu dilepas, setelah dilepas selanjutnya dilakukan pembersihan dan menghilangkan bagian yang berkarat.

Bagian jok yang hilang akan diganti dengan yang baru, setelah penyangganya sudah selesai dibersihkan tahap selanjutnya dengan memberikan bantalan atau bahan isian seperti busa. Selanjutnya akan dilapisi dengan bahan leather dengan warna hitam dan putih. Bahan leather dipilih karena awet dan nyaman jika digunakan untuk duduk.

Penggunaan bahan leather untuk jok tempat duduk dengan warna hitam dan putih. (kuno.id)

Pasang Kaca Pada Dinding

Kaca mulai dipasang setelah bagian diukur disesuaikan dengan dinding. (kuno.id)

Memasang kaca pada mobil tidak hanya untuk mengubah tampilan mobil saja. Tetapi juga untuk menjaga visibilitas pengemudi selama berkendara, baik saat siang hari maupun pada malam hari, baik dalam keadaan hujan atau berdebu. Pasang kaca pada dinding banyak memiliki manfaat juga, tidak hanya itu kaca juga dapat pengendara dan penumpang melihat bagian luar saat mobil melaju.

Untuk itu, saat melakukan pemasangan kaca film juga tidak boleh sembarangan karena bisa berpengaruh juga pada visibilitas pengemudi saat berkendara. Tingkat kegelapan kaca film mobil juga harus diperhatikan sebaiknya juga mengikuti peraturan yang sudah ada. Aturan penggunaan kaca film sendiri juga mempunyai dasar hukum yang sudah ditetapkan.

Pemasangan kaca juga membutuhkan pengukuran yang tepat dengan ukuran dinding, agar tidak terjadi kesalahan ketika kaca nanti dipasang pada setiap dinding mobil.

Bumper VW Depan

Proses pengelasan pada bumper depan. (kuno.id)

Bumper mobil merupakan salah satu bagian mobil yang sangat penting, karena letaknya di bagian depan sehingga dapat menjadi hiasan penampilan body mobil supaya terlihat lebih keren. Bagian bumper depan juga bagian yang sangat terlihat dan ciri khas dari sebuah mobil terdapat pada bagian bumper depan juga, sehingga memiliki bentuk yang berbeda pula antara jenis mobil satu dengan jenis mobil lainnya.

Tidak hanya sebagai hiasan penampilan karena bagian yang terlihat, bagian paling depan mobil berfungsi untuk melindungi bodi mobil terhadap benturan. Bumper mobil dirancang hanya untuk sebagai peredam benturan, pelindung mobil seisinya dari benturan.

Pada bagian bumper VW kombi terdapat beberapa bagian yang berkarat, penyok dan berlubang sehingga membutuhkan perbaikan di beberapa bagiannya.

Proses meratakan bagian yang sudah ditempel plat baru. (kuno.id)

Penyebab dari bumper mobil yang berkarat, penyok serta berlubang itu bermacam-macam, salah satunya karena sering terkena terik matahari secara langsung, atau terkena benda saat berkendara di medan yang buruk. Untuk cara mengatasinya dengan cara menanam lempengan plat kedalam bumper mobil. Untuk lebih jelaskan perhatikan langkah-langkah menanam plat di dalam bumper mobil dengan lempengan yang tipis supaya dapat lebih mudah untuk dipanaskan dan dibentuk. Siapkan pula obeng yang telah dipanaskan yang akan digunakan untuk menutup celah pada bumper. Biasanya setelah penambahan plat, ada beberapa bagian yang tidak rata, sehingga selanjutnya dilakukan pendempulan secara merata pada permukaan bumper supaya terlihat sepadan. Kemudian setelah semua rata yaitu tahap pengecetan.

Tips merawat bumper agar terjaga dan awet, sebaiknya menghindari jalananyang buruk dan tidak bisa dilalui. Tidak hanya itu saat mengencangkan sekrup-sekrup pada bemper mobil, supaya tidak kendor dan tidak rusak di lubang sekrup bemper. Untuk memperpanjang usia bumper mobil, lebih baik tidak mengurangi ketinggian mobil tersebut, sehingga bagian bumper tidak menyentuh bagian jalan.

Untuk tahap selanjutnya akan ada beberapa tahap lagi, jadi tunggu ya proses restorasi dari VW Kombi keluaran tahun 1974.

Continue Reading

Bookmark

Comments

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.