Restorasi Mercedes Benz 280s tahun 1971 alias Mercy Kebo (Part 1)

21 May 2021

Bagikan

WA
link

Mobil klasik Mercedes Benz 280s keluaran tahun 1971 alias Mercy Kebo ditemukan dalam kondisi yang sudah usang, bagian eksterior cat ada yang terkelupas dan juga berkarat. Hal ini menjadikan Mercy Kebo memerlukan proses restorasi, namun tidak hanya bagian eksterior yang mengalami pemugaran namun bagian interior, mesin, kaki-kaki dan seluruh bagian mobil juga perlu direstorasi dengan beberapa tahap, sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Pada proses restorasi tahap pertama ini akan memperbaiki bagian depan atau eksterior mobil. Yuk lihat langsung proses restorasi tahap awal.

Kelupas Habis Cat yang Berkarat

Cat dasar di kelupas habis. (kuno.id)

Pandangan pertama pasti tertuju pada tampilan luar, yaitu pada bagian eksterior mobil klasik. Mobil Mercy Kebo ditemukan dalam kondisi banyak cat yang mengelupas dan berkarat. Untuk memperbaiki bagian eksterior, tidak bisa langsung mengguyur cat sesuai warna yang diinginkan tetapi ada beberapa tahap yang harus dilakukan agar hasilnya optimal.

Lakukan proses pengelupasan cat, dengan melakukan pengerokan pada cat lama yang menempel di body mobil dan hanya meninggalkan warna dasarnya. Untuk mengelupasi cat mobil, diperlukan upaya yang cukup rumit, karena harus benar-benar detail sehingga seluruh permukaan yang lama terkelupas.

Proses melepaskan cat lama pada body mobil. (kuno.id)

Kegunaan pengelupasan cat adalah untuk merontokan semua karat yang menempel dan melepaskan cat lama yang sudah usang yang akan diganti dengan warna yang baru.

Copot Mesin Dari Body Mobil

Copot mesin dari body mobil. (kuno.id)

Mesin pada mobil Mercy Kebo harus dicopot dari body mobil, untuk proses pembersihan. Jika ada bagian mesin yang sudah tidak berfungsi akan diganti dengan yang baru. Bagian mesin yang dipisahkan dari body mobil, mempermudah pengerjaan bagian casing mobil untuk perbaikan mulai dari pembersihan, pengerokan, pendempulan hingga proses pengecetan mobil.

Jika mesin sudah dilepaskan dari body mobil, selanjutnya mesin dipreteli dan dicopot menjadi beberapa bagian. Gunanya untuk dilakukan pembersihan mesinnya, sehingga bisa dicek kembali bagian mana yang masih bisa digunakan untuk dibersihkan dan diperbarui kembali. Sedangkan bagian mesin yang sudah tidak bisa digunakan lagi, sehingga harus diganti dengan yang baru agar nantinya mobil bisa berfungsi dan terhindar dari mogok mesin.

Mesin dipreteli untuk dibersihkan. (kuno.id)

Tidak hanya bagian eksterior yang mengalami karatan karena lamanya usia dan tidak dirawat sehingga, bagian mesin juga mengalami keropos dan berkarat. Karat sendiri bisa terbentuk karena terdapat uap air maupun akibat udara di lingkungan sekitar yang lembab, uap garam dan asam di udara bebas, kondisi fisik logam yang permukaannya tidak rata, bahkan akibat saling bersinggungannya logam satu dengan logam lainnya. Sehingga mesin pada mobil Mercy Kebo dilepas terlebih dahulu. Jika ada bagian yang masih digunakan akan disimpan terlebih dahulu sedangkan bagian yang sudah tidak bisa digunakan akan diganti.

Bagian mesin akan direstorasi agar bisa digunakan kembali. Proses yang dilakukan dimulai dari mesin dibersihkan dari karat. Proses pengamplasan menggunakan amplas dari nomor terkecil hingga amplas dengan nomor besar. Biasanya digunakan sebagai alat untuk melakukan finishing agar permukaan benda bisa rata atau halus. Amplas juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada mesin dan masih ada tahap lainnya agar mesin bisa digunakan kembali.

Proses Digantung Rotisserie

Casing body mobil digantung. (kuno.id)

Kerangka mobil digantung di tiang Rotisserie. Rotisserie Mobil adalah unit pengangkat tubuh yang unik yang memungkinkan Anda untuk mengayunkan tubuh mobil secara keseluruhan 360 derajat di sepanjang porosnya. Fleksibilitas yang dicapai memungkinkan Anda untuk mengakses bagian dari kendaraan yang biasanya sulit dijangkau dan dikerjakan.

Mobil digantung pada Rotisserie. (kuno.id)

Tiang Rotisserie yang kokoh digunakan untuk mengangkat kerangka mobil yang hanya tersisa bagian casing eksteriornya saja. Sehingga mempermudahkan pengerjaan dibagian-bagian yang sulit dijangkau.

Proses mobil digantung untuk mempermudah pengerjaan seperti pengelupasan cat bagian kaki-kaki bawah, proses dempul, primer surfacer (epoxy), flintcoat, dan proses lainnya terutama dibagian bawah mobil.

Dempul Body

Proses dempul pada kaki-kaki. (kuno.id)

Pendempulan bodi mobil kerap dikerjakan saat melakukan body repair atau perbaikan sebelum masuk tahap proses pengecatan. Cara ini dilakukan untuk meratakan dan memuluskan bodi agar tertutup sempurna.

Proses dempul manual. (kuno.id)

Pada proses body repair, cara pendempulan mobil tidak bisa sembarangan dan harus teliti dengan teknik pendempulan yang benar. Dempul sendiri berfungsi untuk menutup bagian yang berlubang, keropos, mengisi celah agar rata kembali.

Jika proses pendempulan sudah merata semua, akan dilakukan teknik hardener, dimana harderner merupakan proses pengerasan dempul. Jika dempul sudah mengeras, tahap berikutnya akan diamplas untuk dihaluskan agar presisi. Amplas sendiri ada nomor untuk digunakan dimana bagian yang masih kasar menggunakan amplas dengan nomor kecil dan dilakukan secara bertahap untuk hasil yang maksimal.

Tahap Epoxy

Epoxy casing body mobil. (kuno.id)

Epoxy merupakan cat dasar yang juga berfungsi untuk menguatkan cat baru. Nantinya cat baru tersebut bisa menempel secara sempurna. Tanpa epoxy, proses penempelan cat baru ke body mobil tidak akan berjalan dengan baik. Hasil akhirnya pun juga terlihat kurang baik. Fungsi epoxy cat yang paling penting adalah menutupi pori-pori sehingga penampilan mobil dapat lebih maksimal agar terkesan mengkilap. Jika mobil yang dimiliki ternyata tidak memiliki warna yang sesuai, pasti rasanya ingin segera mengganti catnya. Di dalam proses pengecatan bodi mobil sendiri, ada beberapa lapisan yang harus dimiliki. Dimulai dari dempul, epoxy, cat, dan pernis.

Selain itu, epoxy juga bisa menghilangkan baret. Hal ini dilakukan dengan cara mengecat epoxy dengan benar, sehingga ketika ada baret tidak akan merusak permukaan body mobil.

Proses restorasi Mercedes Benz 280s keluaran tahun 1971 alias Mercy Kebo masih akan dilanjutkan dengan beberapa tahap lainnya. Untuk video proses restorasi bisa lihat langsung di channel Youtube kuno ID ya !

Continue Reading

Bookmark

Comments

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.