Solusi Restorasi Mobil Klasik Anda di Gasplus

12 October 2021

Bagikan

WA
link

Kali ini Kuno ID berkunjung ke Gas Plus Auto Engineering yang berlokasi di Jalan Raya Kranggan No.25 A Jatiraden, Jatisampurna, Bekasi. Berawal dari bengkel untuk restorasi mobil klasik pribadi, kini telah dibuka untuk umum dan memiliki banyak customer. Mobil klasik yang di sini merupakan buatan dari berbagai negara seperti buatan Eropa, Amerika, dan Jepang. Mulai dari body repair, oven painting, restorasi hingga modifikasi mobil klasik/kuno/tua bisa dilakukan di bengkel ini loh.

Holden Kingswood HQ 1976

Restorasi Holden Kingswood HQ 1976. (instagram.com/gas_plusautoengineering)

Tahukah kamu bahwa mobil di atas telah melalui proses di repaint, overhaul, refresh engine bay, pemasangan AC, dan refresh interior lho, menarik bukan?

Mobil ini diproduksi di Australia oleh Holden, dari awal seri HK pada tahun 1968-seri WB pada tahun 1984. Awalnya, jajaran model HK termasuk Holden Belmont dasar (menggantikan standard), Kingswood (menggantikan special), dan Holden Premier berorientasi mewah, yang semuanya diproduksi dalam pilihan bodi sedan dan station wagon. Seri HQ tahun 1971 adalah desain baru yang memperkenalkan mesin enam silinder berkapasitas lebih besar 173-kubik-inci (2,85 L),202-kubik-inci (3,3 L), serta 253-kubik-inci (4,2 L), Holden 308-kubik-inci (5,0 L) dan mesin Chevrolet V8 350-kubik-inci (5,7 L). Mobil ini menampilkan bingkai perimeter, konstruksi semi-monocoque (unibody), dan merupakan Holden ukuran penuh pertama yang memiliki suspensi belakang pegas koil. HQ dirancang khusus hanya untuk mobil yang memiliki setir pada sisi kanan.

Refresh interior.(instagram.com/gas_plusautoengineering)

Pada akhir 1972, Holden merilis sedan edisi khusus dan gerobak HQ Kingswood, bernama Kingswood Vacationer. Sedan ini terbukti populer dan muncul kembali di berbagai model Holden selama dua puluh tahun ke depan atau lebih.

Mercedes Benz W123 1977

Mercy Benz W123 merupakan sedan empat pintu.(instagram.com/gas_plusautoengineering)

Mercy berwarna merah menyala di atas telah di restorasi mulai dari repaint, overhaul, sandblast, vapor blasting, dan powder coating, keren bukan?

Mobil ini berbentuk sedan empat pintu. Ada banyak varian W123 model lain, seperti C123 coupe, S123 estate atau station wagon, hingga F123 sasis yang nantinya digunakan sebagai ambulans atau keperluan lainnya. Selain itu terdapat juga berbagai pilihan mesin mulai dari bensin 2000cc 4 silinder hingga diesel 3000cc.

Tampak belakang Mercedes Benz W123. (instagram.com/gas_plusautoengineering)

Salah satu kelebihan dari Mercedes Benz W123 yaitu modelnya yang timeless, tak lekang oleh waktu. Perawatan mobil ini tergolong mudah karena masih konvensional. Onderdil mobil mercedes lumayan banyak dan harganya tergolong murah walaupun tidak bisa dibandingkan dengan harga part mobil Jepang kelas ekonomi.

Austin England A30 1954

Restorasi Austin A30 (instagram.com/gas_plusautoengineering)

Mobil keluarga berukuran kecil ini diproduksi oleh Austin pada Mei 1952-September 1956. Mobil ini diluncurkan di Earls Court Motor Show 1951 sebagai "New Austin Seven".

Seri A30 memiliki jendela belakang yang lebih kecil daripada A35 dan trafficator, bukan indikator modern yang muncul dari pilar B saat dioperasikan oleh kenop yang dipasang di tengah dasbor. Mobil ini bersama dengan A35 bermesin lebih besar. Oleh karena itu mobil menjadi lebih cepat sehingga cukup sukses di balap mobil sedan tahun 1950-an, dan beberapa masih muncul dalam peristiwa bersejarah.

Jaguar XJ6 1971

Jaguar XJ6 diproduksi oleh Jaguar Cars. (instagram.com/gas_plusautoengineering)

Mobil ini telah melalui proses refresh engine bay, overhaul, repaint, dan refresh interior. Jaguar XJ termasuk mobil mewah ukuran penuh produksi Jaguar Cars pada tahun 1968-2019. Sejak tahun 1970, model empat pintu adalah andalan Jaguar. Pada bulan Maret 1970, diumumkan bahwa transmisi otomatis Borg-Warner Model 8 yang ditampilkan XJ6 akan diganti pada XJ6 4.2 liter dengan Borg-Warner Model 12.

Transmisi baru memiliki tiga posisi maju berbeda dapat diakses melalui tuas pemilih, memungkinkan pengemudi untuk menahan rasio rendah pada putaran yang tinggi untuk mencapai akselerasi lebih baik. Adapun perubahan tambahan, seperti memindahkan reflektor belakang dari samping ke bawah lampu belakang dan interior bezel pengukur krom diganti dengan hitam agar mengurangi pantulan yang mengganggu.

Mercedes Benz 170S 1952

Restorasi Mercedes-Benz 170 S (instagram.com/gas_plusautoengineering)

Mercedes Benz 170 S termasuk mobil mewah yang diproduksi dari tahun 1949-1955 berbahan bakar bensin dan solar. Awalnya ditawarkan dengan versi 1,8 liter dari mesin 1,7 liter empat silinder segaris M136 yang digunakan dalam tipe produksi yang sedikit lebih kecil 170 V. Mobil ini merupakan Mercedes Benz pertama yang membawa akhiran "S" dalam namanya menunjukkan tingkat kenyamanan dan kualitas unggul sehingga target pasar yang dituju adalah pemilik bisnis atau direktur perusahaan yang sukses.

Mobil ini memiliki bodi lebih panjang 170 mm (6,7 inci), lebih lebar 104 mm (4,1 inci), dan lebih baik daripada seri 170 V. Performanya juga ditingkatkan dengan kecepatan 122 km/jam (76 mph). Roda depan dipasang menggunakan pegas koil dan wishbones ganda dengan batang penstabil.

Bagaimana sobat Kunoholics? Tertarik untuk mengkoleksi salah satu mobil diatas? Tulis komenmu di kolom komen dan simak terus artikel-artikel dari Kuno ID! Salam Kuno ID!

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.