28 June 2023
Apakah kemudi mobilmu terasa kurang nyaman dan setir selalu menarik ke kiri atau kanan? Jangan dianggap sepele, karena ini tandanya sudut toe mobil sedang tidak normal.
Sebagai pemilik mobil, sudah sewajarnya kita memahami keadaan mobil dengan baik. Memastikan mobil dalam kondisi sehat atau tidak, adalah hal dasar yang wajib kalian ketahui, terlebih ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Tidak hanya pengecekan mesin dan rem saja, tapi bagian kaki-kaki mobil juga perlu diperhatikan agar mobil menjadi lebih nyaman dan aman untuk dikendarai.
Karena itulah, di artikel Kuno ID kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu proses wheel alignment, yakni Toe. Simak sampai selesai dan semoga artikel ini bermanfaat bagimu.
Baca juga : Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Wheel Alignment
Toe adalah sudut kemiringan roda kendaraan yang mengarah ke kanan atau kiri dalam sudut asimetris dan diukur dalam derajat atau milimeter. Setiap pengaturan kaki mobil akan berpengaruh ke tiga area utama pada sebuah kendaraan: handling saat masuk tikungan, keausan ban, dan stabilitas garis lurus.
Dalam perawatan serta penyetelan toe, tiap mobil harus disesuaikan dengan ukuran masing-masing, mengingat model mobil satu tidak akan sama dengan lainnya. Dan perlu diperhatikan, bahwa kemiringan yang tidak sesuai dengan standar, dapat menimbulkan berbagai masalah yang bisa berakibat fatal.
Pada dasarnya, ada 3 jenis sudut toe yang perlu kamu ketahui. Ketiga jenis ini memiliki fungsi yang berbeda yang dapat meningkatkan performa kendaraan. Untuk lebih mengenal tentang masing-masing kegunaannya, simak penjabaran kami di bawah ini;
Toe-in atau yang bisa disebut dengan positive toe, merupakan sudut roda depan yang miring ke arah garis tengah kendaraan. Jarak antara posisi roda depan bagian depan lebih pendek bila dibandingkan roda depan bagian belakang. Sederhananya, roda depan mobil mengarah satu sama lainnya, itulah toe-in.
Efek dari toe-in menawarkan stabilitas yang lebih baik di lintasan lurus serta memperingan kemudi saat melakukan belokan curam. Namun sisi negatifnya adalah respons yang sedikit lambat di saat belokan. Mobil penggerak roda belakang (RWD), truk dan SUV, adalah tipe kendaraan yang cocok menggunakan setelan ini.
Toe-out atau negative toe adalah kebalikan dari toe-in. Jarak antara roda depan bagian depan lebih lebar daripada bagian belakangnya. Atau singkatnya, kedua roda depan memiliki posisi yang berjauhan satu sama lain. Setelan sudut roda ini paling cocok digunakan pada mobil penggerak roda depan (FWD).
Torsi yang dihasilkan mobil penggerak roda depan cenderung menarik roda ke dalam, sehingga sudut toe-out dapat melakukan penyesuaian untuk membuat mobil dapat berjalan lurus. Pengaturan toe-out juga akan membuat ban depan lebih kuat serta meningkatkan akselerasi.
No toe atau toe netral adalah posisi roda depan bagian depan dan belakang yang memiliki jarak yang sama. Pengaturan kaki antar roda kiri dan kanan adalah sejajar. Menerapkan no toe dapat meminimalisir keausan pada roda mobil.
Toe merupakan sudut penyelarasan roda yang cukup rumit, tapi ini juga salah satu hal terpenting yang harus kita perhatikan. Pengaturan toe digunakan sebagai penentu kesimetrisan atau kelurusan arah roda serta untuk mengatur handling kendaraan. Selain itu, umur pakai ban dan rem akan lebih panjang.
Jadi, pastikan kalian menyelaraskan kaki mobil dengan teratur oleh bengkel mobil yang berpengalaman. Kami jamin, kalian akan dapat menikmati perjalanan yang mulus dan aman ketika toe disetel dengan tepat.
Sebaiknya, sudut toe pada roda kiri dan kanan adalah sama besarnya. Pengaturan yang salah, akan menyebabkan kendaraan mengalami berbagai kesulitan ketika berbelok, mengambil tikungan tajam dan masalah stabilitas melaju lurus pada kecepatan tinggi.
Jika toe-in disetel dengan sudut yang berlebihan, akan menyeret roda ke sisi luar dan mobil menjadi lebih sensitif dengan putaran kemudi. Hal ini juga menyebabkan tepi roda luar cepat aus. Dengan demikian, kemiringan sudut toe-in hanya diperlukan dalam jumlah kecil agar mendapatkan stabilitas yang baik.
Begitu pula dengan toe-out, penyetelan sudut yang terlalu besar dapat menyebabkan tepi bagian dalam roda cepat aus, masalah pengereman, dan masalah understeer. Oleh karena itulah, mobil perlu spooring dan balancing secara berkala, agar sudut toe tetap rata.
Nah, demikianlah penjelasan sederhana kami mengenai toe. Pentingnya penyetelan toe yang tepat terkait sistem kemudi dan suspensi kendaraan untuk mencapai stabilitas yang optimal. Dengan membaca artikel ini sampai selesai, diharapkan dapat membantu kalian memahami lebih baik mengenai pentingnya penyetelan toe yang tepat.
Continue Reading
Bookmark
Comments
No Comments Yet