Holden Commodore First Generation (1978–1988) | Explained

13 January 2022

Bagikan

WA
link

Holden adalah sebuah produsen mobil asal Australia dengan jajaran mobil yang luar biasa. Mereka adalah pencipta mobil-mobil penumpang fenomenal seperti Monaro, Torana, HQ, dan salah satu yang paling best-selling, yaitu Commodore.

Commodore merupakan sebuah mobil keluarga yang dijual oleh Holden dari tahun 1978-2020, bertepatan dengan penghentian merek dari Holden seluruhnya. Sepanjang masa produksinya, Commodore sudah mengalami 4 kali regenerasi. Ya, hal ini tidaklah mengejutkan untuk mobil terlaris di Australia selama 15 tahun berturut-turut dari tahun 1996 hingga akhir 2011.

Meski begitu, dibalik awal kemunculan Commodore, ada kisah sejarahnya yang menarik untuk diceritakan. Jadi, pada Cerita Kuno kali ini, kami akan bercerita tentang generasi pertama dari Holden Commodore yang diproduksi dari tahun 1978-1988. Kita juga akan membahas semua tipenya secara mendalam.

Let's go!

Sejarah Holden Commodore (First Generation/Generasi Pertama)

Holden Commodore VK Sedan tahun 1984-1986.

Dengan desain asal Jerman yang mirip seperti Opel Rekord, dan komponen mekanik asal Australia, Holden Commodore diluncurkan pada tahun 1978 sebagai pengganti dari seri Kingswood HZ.

Dalam proses perancangannya Holden tidak bertindak sendiri, namun menerima bantuan dari Opel. Berkat kerja sama dari kedua belah pihak tersebut, Holden menghasilkan sebuah mobil keluarga yang fenomenal dan menjadi ikon bagi Australia.

Holden Commodore VC Wagon tahun 1980-1981.

Commodore merupakan bukti kecanggihan teknik Holden, karena mereka mampu membuat berbagai jenis mobil dengan satu platform yang sama. Mobil ini yang awalnya dirancang sebagai sedan 4 pintu di tahun 1978, dibuatkan juga versi estate/station wagonnya setahun setelahnya.

Model pertamanya, yaitu VB, menjadi hit dan terjual lebih dari 95.000 unit dalam dua tahun pertama. Hal itu membuatnya menjadi mobil terlaris di Australia pada tahun 1979 dan memenangkan lima penghargaan Wheels Car of the Year.

Pembalap Touring Peter Brock dengan Holden Commodore VH Sedan.

Kesuksesan dari mobil ini di negara kelahirannya juga tak lepas dari prestasi balapnya yang luar biasa, mulai dari model VH sampai facelift akhirnya, model VL.

Model Holden Commodore (First Generation/Generasi Pertama)

Pada generasi pertamanya, Holden Commodore mengalami beberapa facelift, yang membuatnya tersedia dalam 5 tipe yang berbeda - VB, VC, VH, VK, dan VL. Ubahan yang terjadi di setiap tipe juga lumayan signifikan. Jadi, mari kita bahas secara dalam setiap tipenya.

Holden Commodore VB (1978–1980)

Holden Commodore VB Sedan tahun 1978-1980.

Diperkenalkan tahun 1978, VB adalah model pertama dari Commodore yang juga memiliki penampilan yang mirip dengan Opel Rekord E1. Namun, ada sedikit perbedaan pada bagian suspensi yang dibuat lebih tangguh dikarenakan jalan di Australia yang sedikit lebih kasar dibanding Eropa.

Pada masa perancangannya, Commodore VB menawarkan mesin 6 silinder yang lebih kecil untuk mengantisipasi krisis minyak yang terjadi di 1973. Mesin yang lebih kecil ini dimaksud untuk memiliki performa bahan bakar yang lebih hemat. Tapi, mesin V8 raksasanya itu tetap ada.

Commodore VB mengadopsi berbagai macam mesin inline-6 dan V8, semuanya cukup bertenaga pada masanya. Mesin-mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 4 percepatan atau otomatis 3 percepatan, dan tenaga disalurkan ke roda belakang.

Jajaran mesinnya terdiri dari:

- 2.800 cc inline-6 bertenaga 86 hp

- 3.300 cc inline-6 bertenage 89 hp

- 4.200 cc V8 bertenaga 117/129 hp

- 5.000 cc V8 bertenaga 153 hp

Holden Commodore VB Wagon tahun 1978-1980.

Commodore VB ditawarkan dalam bentuk sedan (4 pintu) atau station wagon (5 pintu). Bentuknya yang timeless ini sungguh revolusioner pada jamannya, apalagi jika dibandingkan dengan rivalnya, Toyota Corolla, yang mungil pada saat itu. Kepraktisan ekstra juga ditawarkan oleh tipe station wagon-nya, apalagi dengan kapasitas bagasi yang jauh lebih besar dari versi sedannya.

Holden Commodore VC (1980–1981)

Holden Commodore VC Sedan tahun 1980-1981.

Usainya Model VB pada tahun 1980 adalah permulaan dari Model VC, yang merupakan facelift pertama Commodore. Walaupun tampak eksterior dan varian mesin mirip dengan model sebelumnya, terdapat penambahan satu unit mesin ekstra dan beberapa fitur canggih.

Commodore model kedua ini hanya memiliki tambahan varian mesin, yaitu unit 1.900 cc 4 silinder yang kita kenal sebagai Starfire, bertenaga 78 hp. Hal ini merupakan antisipasi Holden untuk terjadinya kenaikan harga minyak saat itu. Selain itu, fitur baru dalam generasi VC adalah hadirnya karburator baru jenis varajet.

Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, Holden menambahkan AC dan power steering ke tipe VC ini. Mungkin ini adalah fitur tambahan yang sangat digemari pelanggan Commodore, yang membuatnya laku keras - terjual lebih dari 600.000 unit selama 1 tahun masa edarnya!

Holden Commodore VH (1981–1984)

Holden Commodore VH Sedan tahun 1981-1984.

Model VC hanya bertahan satu tahun di pasaran dan segera mengalami facelift ke model VH. Diproduksi dari tahun 1981-1984, Commodore VH menawarkan jajaran mesin yang sama, dengan tambahan varian transmisi manual 5 percepatan.

Perubahan tampilan depan pada model ini terlihat lebih signifikan juga, dengan kisi-kisi gril depan horizontal baru dan komponen pencahayaan baru yang dirancang untuk memberikan tampilan yang lebih rendah dan lebar untuk kepentingan aerodinamika.

Ya, tak heran jika model ini menjadi andalan banyak pembalap untuk mengikuti berbagai kejuaraan pada jamannya. Bahkan, si VH juga pernah memenangkan balap Australian Touring pada Australian Touring Car Championship tahun 1982.

Holden Commodore VK (1984-1986)

Holden Commodore Calais tahun 1984-1986.

Holden Commodore VK diproduksi dari tahun 1984-1986. Ia adalah Commodore pertama yang memiliki bumper plastik (polypropylene) dan memperkenalkan jendela ke-3 bagian belakang. Dan sebagai iterasi keempat dari generasi pertama Commodore, Holden juga menggunakan facelift ini untuk memperkenalkan varian sedan mewah baru mereka, bernama Holden Calais (VK).

Walau mesin yang diusung tetap sama, Commodore VK mendapatkan perubahan eksterior yang cukup banyak. Dari luar ia tampak lebih modern dan agresif dengan desain gril depan dan bemper yang baru.

Holden Commodore VK Sedan tahun 1984-1986.

Tidak hanya itu, model VK juga mendapatkan instrumen dasbor yang sekarang lebih modern berbentuk persegi, menggantikan tata letak melingkar di versi sebelumnya. Bahkan, pengaturan digital penuh juga tersedia di tipe termewahnya, Calais.

Menariknya, Commodore VK ini merupakan model Commodore pertama yang dirakit di Indonesia secara CKD lho, di pabriknya yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur pada saat itu.

Holden Commodore VL (1986–1988)

Holden Commodore VL Wagon tahun 1986-1988.

Commodore VL yang diproduksi di tahun 1986-1988 menjadi model terakhir dari seri Commodore generasi pertama. Ia hadir dengan perubahan yang cukup signifikan dari model VK yang digantikannya.

Dari luar, ia mendapatkan fascia baru, dengan perubahan model bemper plastik, lampu depan, dan gril. Secara dimensi, ia juga merupakan Commodore generasi pertama yang paling panjang, berukuran 4.77 meter. Lalu, di dalam ada pembaharuan desain dashboard untuk mengakomodir desain instrumen baru yang terkesan canggih.

Holden Commodore VL Sedan tahun 1986-1988.

Meski begitu, perubahan yang paling digemari banyak orang adalah penambahan 3 varian mesin baru, yaitu 2.000 cc inline-6 (untuk pasar Selandia Baru dan Indonesia), 3.000 cc inline-6 (untuk pasar Australia dan Selandia Baru), dan 3.000 cc inline-6 turbo (untuk pasar Australia saja). Ketiga varian mesin ini menggantikan semua varian mesin Commodore yang ada sebelumnya, kecuali unit 5.000 cc V8 yang masih dipertahankan.

Ya, walaupun pasar Indonesia hanya boleh mendapatkan mesin terkecilnya pada saat itu, mesin 2.000 cc ini terkenal irit dan rendah pajak.

Kesimpulan

Holden membuat Commodore ini berumur cukup panjang. Bahkan, generasi terakhirnya bertahan sampai Holden ditutup oleh GM karena mereka menderita secara keuangan. Meski begitu, Holden Commodore generasi pertama adalah salah satu peninggalan Holden yang paling ikonik dan berjasa.

Dengan mengalami facelift beberapa kali dalam masa hidupnya, Holden ingin sekali membuat Commodore generasi pertama ini menjadi sedan keluarga yang terbaik yang mereka bisa buat saat itu. Dan dengan lakunya Commodore ini di berbagai negara diluar Australia, terbukti sudah suksesnya Holden memikat hati pelanggan dari berbagai daerah dengan mobil ini, apalagi dengan prestasinya di dunia balap yang tidak buruk.

Kami percaya, walau tinggal kenangan, Holden Commodore first generation akan tetap menjadi ikon otomotif klasik dari Australia yang tidak akan terlupakan.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.