5 Ferrari Klasik Terbaik Sepanjang Masa | Best Picks

10 February 2022

Bagikan

WA
link

Ferrari merupakan produsen mobil Italia yang dianggap sebagai pemasok supercar terbaik di dunia. Tidak hanya menyuguhkan keindahan pada desainnya saja, mesin yang diberikan pun juga terbilang canggih sehingga membuatnya selalu diminati oleh berbagai kalangan.

Berdiri sejak tahun 1947, Ferrari juga memiliki sejarah yang kaya dengan memproduksi berbagai macam mobil berperforma tinggi yang luar biasa. Tak hanya mobil baru saja, mobil-mobil klasik Ferrari merupakan hot collector items yang diburu orang-orang kaya dengan label harga yang tidak masuk akal jumlahnya.

Tapi, tentunya seperti segala sesuatu - ada harga ada rupa, dan Ferrari klasik merupakan mahakarya yang memang sangat mengagumkan. Untuk itu, kami kumpulkan 5 Ferrari klasik terbaik sepanjang masa versi Kuno ID.

Enjoy!

250 GT California Spyder SWB (1960-1963)

Ferrari 250 GT California Spyder SWB tahun 1960-1963.

Tidak diragukan lagi bahwa 250 GT California Spyder SWB merupakan salah satu mobil keluaran Ferrari yang paling indah yang pernah ada. Bodi menakjubkan yang menampilkan lekukan indah itu membuatnya tampak elegan.

Tidak hanya eksterior saja, tapi kita juga akan dibuat terkesan dengan keindahan bagian interiornya. Pada bagian kursi dan panel sisi mobil dibalut dengan kulit berkualitas tinggi yang tentunya membuat siapa saja nyaman untuk mengendarai mobil ini.

Mesin Ferrari 250 GT California Spyder SWB tahun 1960-1963.

Mengusung mesin 2.953 cc V12, mobil ini bertenaga 283 hp dan berkecepatan maksimal 233 km/h. Mungkin adalah angka yang biasa saja untuk jaman sekarang, tapi perlu diingat bahwa mobil ini dipasarkan di tahun 1960 dengan atap terbuka! Tentunya 250 GT California Spyder SWB adalah salah satu sports car Ferrari yang paling fenomenal.

Bahkan saking digemarinya oleh kolektor, beberapa orang rela mengeluarkan uang sebesar $10.000.000-18.000.000 (Rp143-258 miliar) hanya untuk membawanya pulang dari pusat pelelangan.

250 GTO (1962-1964)

Ferrari 250 GTO tahun 1962-1964.

Ferrari 250 GTO adalah sebuah mobil balap retro buatan Ferrari yang legendaris dan sangat bersejarah. Mobil yang diproduksi tahun 1962-1964 ini diciptakan untuk bersaing pada trek balap dengan lawan seperti Shelby Cobra, Jaguar E-Type, dan Aston Martin DP214.

Tidak hanya sekedar klasik saja, namun faktor fitur canggih serta sejarahnya membuat 250 GTO menjadi mobil klasik paling diincar oleh kolektor dengan harga yang fantastis. Bahkan, hingga saat ini 250 GTO masih merupakan mobil klasik termahal di dunia, dengan harga lelangnya yang mencapai $48.400.000, atau setara dengan 694 miliar rupiah!

Mesin Ferrari 250 GTO tahun 1962-1964.

Dengan mesin 2.953 cc V12 yang tangguh, mobil ini menghasilkan tenaga 300 hp dan torsi 300 Nm. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 36 unit saja selama masa edarnya, dan kebanyakan hancur di trek balap. Sehingga, berapapun yang tersisa saat ini otomatis menjadi incaran para kolektor berkelas yang masih mengidamkan mobil ini ada di garasi mereka.

Dino 246 GT (1969-1974)

Ferrari Dino 246 GT tahun 1969-1974.

Ferrari Dino 246 GT adalah model seri Dino yang paling terkenal. Seri Dino saat itu diciptakan untuk pasar sports car dengan harga yang terjangkau, sehingga Ferrari memproduksi lebih banyak unit untuk seri ini. Huruf GT pada nama belakang mobil ini merupakan singkatan dari Gran Turismo, yang berarti gran tourer yang kencang.

Berbekal mesin V6 berkapasitas 2.419 cc dengan tenaga 195 hp, Ferrari Dino 246 GT memang bukanlah Ferrari yang terkencang. Tapi, sports car yang tajam dan presisi ini adalah jawaban Ferrari terhadap seri Porsche 911, mobil performa tinggi asal Jerman.

Mesin Ferrari Dino 246 GT tahun 1969-1974.

Tak mau kalah canggih, Ferrari menyematkan transmisi manual berteknologi all-synchromesh dengan 5 percepatan. Alhasil, mobil ini dapat menempuh kecepatan maksimal hingga 235 km/h, lebih unggul dari Porsche 911 S sekalipun.

Masa penjualan Dino 246 GT harus berakhir di tahun 1974 dengan total 2.295 unit. Dengan popularitasnya, permintaan pada kendaraan ini pun masih tergolong tinggi, bahkan setelah selesai masa produksinya. Hal itu menunjukkan banyaknya peminat Ferrari Dino 246 GT ini.

308 GTS Quattrovalvole (1975-1985)

Ferrari 308 GTS Quattrovalvole tahun 1975-1985.

Pada tahun 1977, Ferrari meluncurkan 308 GTS Quattrovalvole di Frankfurt Motor Show. Mobil ini merupakan versi Targa (atap terbuka) dari 308 GTB, yang adalah salah satu gran tourer tercantik buatan Ferrari yang dirancang oleh Leonardo Fioravanti (juga desainer beberapa Ferrari terkenal lainnya seperti Daytona, Dino, dan Berlinetta Boxer).

Kenikmatan dengan atap terbuka memang sangat disukai oleh para penggemar Ferrari, sehingga mobil ini pun dibuat untuk mewujudkan hal tersebut. Ketika panel atap dilepas, kalian bisa menyimpannya dengan rapi dan praktis di belakang jok. Lihatlah saja ketika atapnya dibuka, sungguh keren bukan sports car dari era 1970-an ini?

Mesin Ferrari 308 GTS Quattrovalvole tahun 1975-1985.

Tak hanya tampilannya saja, performa 308 GTS juga tidak bisa diremehkan. Dengan mesin 2.926 cc V8, ia memiliki tenaga sebesar 237 hp dengan torsi 260 Nm. Top speed yang dimilikinya pun terbilang cepat untuk ukuran sport car saat itu, yaitu 252 km/h.

Masa produksi dari model ini pun terbilang cukup singkat, hanya selama 3 tahun saja dan harus berakhir di tahun 1980, dengan total jual sebanyak 3.219 unit. Meski tergolong sudah tua usianya, tapi 308 GTS Quattrovalvole yang timeless ini justru sedang banyak diburu, khususnya oleh penggemar Ferrari.

F40 (1987-1992)

Ferrari F40 tahun 1987-1992.

F40 merupakan sports car termahal dan tercanggih yang pernah dibuat oleh Enzo Ferrari (pendiri Ferrari) sebelum akhirnya ia meninggal pada tahun 1988 di usianya yang ke 90 tahun. Bahkan, sebelum kematiannya, Enzo berkata bahwa F40 adalah sebuah mobil terbaik yang pernah ia buat setelah 40 tahun lamanya dia mendirikan merk Ferrari.

Mesin Ferrari F40 tahun 1987-1992.

Selain bentuknya yang fenomenal, Ferrari F40 juga ditenagai oleh mesin yang sangat berkarisma, yaitu unit 2.936 cc V8 dengan tenaga 471 hp dan kecepatan maksimal 325 km/h. Tentunya performa ini menjadikannya sports car yang hardcore, apalagi dengan bobotnya 1.100 kg yang cukup ringan.

Meski sangat sukses, namun produksi dari F40 sangatlah terbatas - hanya ada 1.315 unit yang dijual di dunia, membuatnya menjadi sangat eksklusif. Tak sedikit orang mengincar mobil yang di klaim adalah Ferrari terbaik di dunia ini.

Kesimpulan

Itulah kelima model Ferrari kuno terbaik sepanjang masa menurut tim Kuno ID. Beberapa diantaranya tergolong sangat langka hingga memiliki nilai yang fantastis. Namun, dibalik itu tersimpan banyak teknik yang brilian, desain yang fenomenal, dan prestasi serta sejarah yang luar biasa.

Continue Reading

Bookmark

Comments

No Comments Yet

Related Articles

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. By clicking "I Agree" or by using our site, you agree to the use of cookies.